Rabu, 01 September 2010

RIPS SMP ?????

 
RENCANA INDUK PENGEMBANGAN SEKOLAH (RIPS)

 

DATA SEKOLAH



  1. NAMA SEKOLAH                :  SMP …….
  2. ALAMAT SEKOLAH            :  JL. ………… MEDAN
  3. JENJANG                              :  SMP
  4. STATUS                                :  SWASTA
  5. AKREDITASI / TAHUN        :  A  / 2010
  6. KECAMATAN                       :  MEDAN TEMBUNG
  7. KOTAMADYA                       :  MEDAN
  8. PROVINSI                             :  SUMATERA UTARA




A.  VISI, MISI DAN TUJUAN




     

 

 

A1. VISI                              :


"Unggul dalam prestasi dan berbudi pekerti luhur”


I n d i k a t o r          :

1.      Unggul dalam prestasi akademik
2.      Unggul dalam lomba kreatifitas
3.      Unggul dalam bidang kesenian
4.      Unggul dalam bidang prestasi olah raga
5.      Memiliki lingkungan yang nyaman dan kondusif
6.      Unggul dalam kegiatan keagamaan
7.      Unggul dalam kepedulian sosial
8.      Unggul dalam peingkatan disiplin seluruh warga sekolah
9.   Mendapat kepercayaan dari masyarakat


A2. MISI

1.            Menyelenggarakan  pembelajaran yang aktip,krearif, efektip, menyenangkan serta bermakna untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki siswa
2.            Menumbuhkan semangat keunggulan kepada seluruh warga sekolah
3.            Melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya bangsa
4.            Membina dan mengembangkan aktifitas dan kreatifitas siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler
5.            Memiliki lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif
6.            Menumbuhkembangkan iman dan taqwa melalui kegiatan keagamaan
7.            Menumbuhkan budaya disiplin dan partisipatif kepada seluruh warga sekolah
                           



A. TUJUAN


1.      Tujuan Jangka Panjang

     Pada akhir tahun pelajaran 2016/2017  diharapkan :


a.      Rata-rata hasil ujian  nasional minimal 7,50
b.      Prestasi kreatifitas bidang akademis minimal setingkat propinsi
c.      Prestasi bidang kesenian minimal setingkat propinsi
d.      Prestasi bidang olahraga minimal setingkat propinsi
e.      Memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang baik untuk membantu siswa dalam beraktifitas dan berkreatifitas
f.        Memiliki lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif untuk melaksanakan kegiatan sekolah.
g.      Memiliki kegiatan keagamaan yang baik dalam meningkatkan iman dan taqwa untuk membentengi pribadi siswa dari perbuatan-perbuatan yang tercela
h.     Memiliki budaya disiplin dan partisipatif dalam seluruh kegiatan warga sekolah


2.      Tujuan Jangka Menengah

Pada akhir tahun pelajaran 2013/2014 diharapkan  :

a.      Rata-rata hasil ujian nasional minimal  6,50
b.      Prestasi bidang akademis minimal setingkat kota
c.      Prestasi bidang kesenian minimal setingkat kota
d.      Prestasi bidang olahraga minimal setingkat kota
e.      Memiliki kegiatan ekstrakurikuler untuk membantu siswa dalam beraktifitas dan berkreatifitas
f.        Memiliki lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran
g.      Memiliki kegiatan keagamaan untuk membina peningkatan iman dan taqwa dalam mewujudkan kerukunan antar umat beragama dalam lingkungan sekolah
h.     Menerapkan manejemen partisipatif  untuk mengkondisikan terwujudkan budaya disiplin dari semua warga sekolah



    B. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA

1.      Rata-rata hasil ujian nasional pada tahun 2009/2010 adalah  5.50  diharapkan adalah 7,50  maka tantangan nyata adalah 2 tingkat
2.      Prestasi bidang akademis saat ini baru setingkat sub rayon yang diharapkan setingkat
propinsi maka tantangan nyata adalah 2 tingkat
3.      Prestasi bidang kesenian saat ini baru  setingkat sekolah dan yang diharapkan setingkat propinsi maka tantangan nyatanya adalah 3 tingkat
4.      Prestasi bidang olahraga saat ini baru  setingkat sekolah dan yang diharapkan setingkat propinsi maka tantangan nyatanya adalah 3 tingkat
5.      Kegiatan ekstrakurikuler saat ini baru pada kondisi sedang dan yang diharapkan adalah kondisi yang baik maka tantangan nyatanya adalah 1 tingkat
6.      Lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif baru pada tingkat sedang untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran sedang yang diharapkan adalah kondisi baik untuk kegiatan sekolah maka tantangan nyta adalah 3 tingkat 
7.      Kegiatan keagamaan saat ini baru pada tingkat sedang dan yang diharapkan adalah baik maka tantangan nyatanya adalah 1 tingkat
8.      Budaya disiplin  dan partisipasi warga sekolah yang diharapkan diatas nilai 90 sedangkan saat ini baru sekitar 75 maka tantangan nyata adalah 15 nilai

No

Tujuan Jangka Panjang

Sasaran yang hendak dicapai pada akhir tahun pelajaran :

‘09/’10

‘10/’11

‘11/’12

‘12/’13

‘13/’14

‘14/’15

‘15/’16

‘16/’17

1

Rata-rata hasil UN

5.50

6,00

6,25

6,50

6,75

7,00

7,25

7,50

2

Prestasi kreatifitas

60

62,5

65

67,5

70

72,5

75

77,5

3

Prestasi bidang kesenian

Sekolah

Sekolah

kec.

kota

kota

prop

prop

nas

4

Prestasi bidang olahraga

Sekolah

Sekolah

kec.

kota

kota

prop

prop

nas

5

Kegiatan ekstrakurikuler

60

62,5

65

67,5

70

72,5

75

77,5

6

Lingkungan sekolah

60

62,5

65

67,5

70

72,5

75

77,5

7

Kegiatan keagamaan

65

67,5

70

72,5

75

77,5

80

82,5

8

Budaya disiplin

75

77

79

81

83

85

87

89

 

Keterangan : Skala Penilaian tersendiri







     C. SASARAN         : 


            Pada akhir tahun pelajaran 2016/2017 diharapkan  :

C1.  SASARAN –1 :    Rata-rata hasil ujian nasional pada tahun 2016/2017 adalah 5.50   diharapkan adalah 7,50

C2.  SASARAN –2 :    Prestasi bidang akademis yang diharapkan menjadi juara di tingkat sub Rayon

C3.  SASARAN –3 :    Prestasi bidang kesenian yang diharapkan berpartisipasi di tingkat kota Medan

C4. SASARAN -4  : Prestasi bidang olahraga yang diharapkan berpartisipasi di tingkat kotaMedan

C5.  SASARAN –5 :    Kegiatan ekstrakurikuler yang diharapkan dapat dilaksanakan dengan Program yang baik dan berkesinambungan

C6.  SASARAN –6 :    Mengupayakan perecanaan lingkungan sekolah yang dan
kondusif dengan melaksanakanya berdasarkan skala prioritas untuk  mendukung kegiatan sekolah.
 C7.  SASARAN –7 :    Mengupayakan kegiatan keagamaan yang baik  dan berkesinambungan untuk mendukung peningkatan iman dan akhlak mulia dilingkungan sekolah
   

C8.  SASARAN –8 :    Mengupayakan budaya disiplin  da partisipasi semua warga sekolah minimal dengan nilai  rata-rata 78
 



       D.   IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI YANG DIPERLUKAN SETIAP  SASARAN

 
Fungsi
Faktor
Uraian Faktor
Kesiapan
Siap
Tdk Siap
C1.  SASARAN –1
Rata-rata hasil ujian nasional yang diharapkan adalah 7,50
1
Proses Pembelajaran
1.1
Internal
1.
2.
3.
4.
5.
Pengetahuan Dasar Siswa
Motivasi belajar
Kesiapan mengikuti pembelajaran
Metode pembelajaran
Penggunaan waktu belajar
-
-
-
-

1.2
Eksternal
1.
2.
3.
4.
Dukungan Orangtua
Lingkungan sosial sekolah
Lingkungan tempat tinggal siswa
Dukungan keuangan
-
-
-
-
2.
Ketenagaan
2.1
Internal
1.
2.
3.
4.
5.
Jumlah guru
Kualifikasi guru
Beban mengajar guru
Kompetensi guru
Motivasi dan komitmen
-
-
-
-
-
2.2
Eksternal
1.
2.
3.
Fasilitas pengembangan diri
Tanggungjawab terhadap siswa
Dukungan keuangan
-
-
-
3.
Sarana dan Prasarana
2.1
Internal
1.
2.
3.
4.
Alat/media/ bahan
Perpustakaan dan buku-bukunya
Laboratorium dan alat-alatnya
Ruangan dan mobiler
-
-
-
-
-
2.2
Eksternal
1.
2.
3.
Dukungan keuangan
Kerjasama
Kondisi Lokasi Sekolah
-
-
-
     

Fungsi
Faktor
Uraian Faktor
Kesiapan
Siap
Tdk Siap
C2.  SASARAN –2
Prestasi bidang akademis yang diharapkan menjadi juara di tingkat sub rayon     
1
Proses Pembelajaran
1.1
Internal
1.
2.
3.
4.
Kemampuan Dasar
Metode Pembelajaran
Penggunaan waktu
Motivasi
-
-
-
-
1.2
Eksternal
1.
2.
Dukungan Orangtua
Dukungan keuangan
-
-
2.
Ketenagaan
2.1
Internal
1.
2.
3.
Kualifikasi guru
Kompetensi guru
Motivasi dan komitmen
-
-
-
2.2
Eksternal
1.
2.
3.
Kesipan mengajar
Fasilitas pengembangan diri
Dukungan keuangan
-
-
-
3.
Sarana dan Prasarana
2.1
Internal
1.
2.
3
Alat/media/ bahan
Buku-buku referensi
Laboratorium dan alat-alatnya
-
-
-
2.2
Eksternal
1.
2.
Dukungan keuangan
Kerjasama dan komitmen
-
-
C3.  SASARAN –3
Prestasi bidang kesenian yang diharapkan berpartisipasi di tingkat kota Medan
1
Proses Pelatihan
1.1
Internal
1.
2.
3.
4.
Pengetahuan Dasar Siswa
Motivasi Siswa
Kesiapan siswa untuk dilatih
Metode pelatihan
-
-
-
-
1.2
Eksternal
1.
2.
Dukungan Orangtua
Dukungan keuangan
-
-
2.
Ketenagaan
2.1
Internal
1.
2.
3.
4.
5.
Jumlah guru
Kualifikasi guru
Beban guru
Kompetensi guru
Motivasi dan komitmen
-
-
-
-
-
-
2.2
Eksternal
1.
2.
3.
Kesipan melatih
Fasilitas pengembangan diri
Dukungan keuangan
-
-
-
3.
Sarana dan Prasarana
2.1
Internal
1.
2.
3.
4.
Alat/media/ bahan
Perpustakaan dan buku-bukunya
Alat-alat keseniannya
Ruangan latihan
-
-
-
-
2.2
Eksternal
1.
2.
3.
Dukungan keuangan
Kerjasama
Komitmen

-
-
-





Fungsi
Faktor
Uraian Faktor
Kesiapan
Siap
Tdk Siap
C4.  SASARAN –4
Prestasi bidang olahraga yang diharapkan berpartisipasi di tingkat kota Medan
1
Proses Pelatihan
1.1
Internal
1.
2.
3.
4.
Minat siswa
Motivasi siswa
Metode
Penggunaan waktu
-
-
-
-
1.2
Eksternal
1.
2.
3.
Dukungan Orangtua
Lingkungan sosial sekolah
Dukungan keuangan
-
-
-
2.
Ketenagaan
2.1
Internal
1.
2.
3.
4.
5.
Jumlah guru
Kualifikasi guru
Beban guru
Kompetensi guru
Motivasi dan komitmen
-
-
-
-
-
2.2
Eksternal
1.
2.
3.
4.
Kesipan melatih
Fasilitas pengembangan diri
Tanggungjawab terhadap siswa
Dukungan keuangan
-
-
-
-
3.
Sarana dan Prasarana
2.1
Internal
1.
2.
3
Alat Pelatihan
Lapangan
Lingkungan Sekolah
-
-
-
2.2
Eksternal
1.
2.
Dukungan keuangan
Kerjasama
-
-

C5.  SASARAN –5
Kegiatan ekstrakurikuler yang diharapkan dapat dilaksanakan dengan program yang baik dan berkesinambungan
1
Proses Pembinaan
1.1
Internal
1.
2.
3.
Kesiapan
Metode
Penggunaan waktu
-
-
-
1.2
Eksternal
1.
2.
3.
Dukungan Orangtua
Lingkungan sosial sekolah
Lingkungan tempat tinggal siswa
-
-
-
2.
Ketenagaan
2.1
Internal
1.
2.
3.
4.
Jumlah /kuaifikasi guru
Beban guru
Kompetensi guru
Motivasi dan komitmen
-
-
-
-
2.2
Eksternal
1.
2.
3.
4.
Kesipan mengajar
Fasilitas pengembangan diri
Tanggungjawab terhadap siswa
Dukungan keuangan
-
-
-
-
3.
Sarana dan Prasarana
2.1
Internal
1.
2.
3.
Alat/media/ bahan
Perpustakaan dan buku-bukunya
Lapangan/Ruangan
-
-
-
2.2
Eksternal
1.
2.
3.
4.
5.
Dukungan keuangan
Kerjasama
Komitmen
Lingkungan diluar sekolah
Kondisi Lokasi Sekolah
-
-
-
-
-



Fungsi
Faktor
Uraian Faktor
Kesiapan
Siap
Tdk Siap
C6.  SASARAN –6
Mengupayakan perencanaan lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif serta melaksanakanya berdasarkan skala prioritas utk  mendukung keg. sekolah.
1
Proses
1.1
Internal
1.
2.
3.
Perencanaan
Pelaksanaan
Tindak lanjut
-
-
-
1.2
Eksternal
1.
2.
Dukungan Orangtua/masyarakat
Lingkungan sekolah
-
-
2.
Ketenagaan
2.1
Internal
1.
2.
3.
Analisis Kebutuhan
Petugas 7K
Keamanan dan penjaga sekolah
-
-
-
2.2
Eksternal
1.
2.
Dukungan alumni
Dukungan dunia usaha
-
-
3.
Sarana dan Prasarana
2.1
Internal
1.
2.
3.
4
Alat-alat 7K
Ruangan dan mobiler
Lapangan
Lingkungan Sekolah
-
-
-
-
2.2
Eksternal
1.
2.
3.
Dukungan keuangan
Lingkungan diluar sekolah
Kondisi Lokasi Sekolah
-
-
-

C7.  SASARAN –7
Mengupayakan kegiatan keagamaan yang baik dan berkesinambungan  untuk mendukung peningkatan iman dan akhlak mulia dilingkungan  sekolah
1
Proses Pembinaan
1.1
Internal
1.
2.
3.
4.
Motivasi
Kesiapan
Metode
Penggunaan waktu
-
-
-
-
1.2
Eksternal
1.
2.
3.
Dukungan Orangtua
Lingkungan sosial sekolah
Dukungan keuangan
-
-
-
2.
Ketenagaan
2.1
Internal
1.
2.
3.
4.
Jumlah dan kualifikasi guru
Beban guru
Kompetensi guru
Motivasi dan komitmen
-
-
-
-
2.2
Eksternal
1.
2.
3.
4.
Kesipan mengajar
Fasilitas pengembangan diri
Tanggungjawab terhadap siswa
Dukungan keuangan
-
-
-
-
3.
Sarana dan Prasarana
2.1
Internal
1.
2.
3.
4.
Alat/media/ bahan
Perpustakaan dan buku-bukunya
Ruangan
Lingkungan Sekolah
-
-
-
-
2.2
Eksternal
1.
2.
3.
4.
5.
Dukungan keuangan
Kerjasama
Komitmen
Lingkungan diluar sekolah
Kondisi Lokasi Sekolah
-
-
-
-
-
C8.  SASARAN –8
Mengupayakan budaya disiplin  da partisipasi semua warga sekolah  minimal dengan nilai  rata-rata 78
1
Proses
1.1
Internal
1.
2.
3.
4.
5.
Pengetahuan Dasar
Motivasi, Kesiapan, Metode
Penggunaan waktu
Perencanaan , Pelaksanaan
Penilaian dan tindak lanjut
-
-
-
-
1.2
Eksternal
1.
2.
3.
Dukungan Orangtua
Lingkungan
Dukungan keuangan
-
-
-
2.
Ketenagaan
2.1
Internal
1.
2.
3.
4.
5.
Analisis Kebutuhan
Jumlah , Kualifikasi guru
Beban guru
Kompetensi guru
Motivasi dan komitmen
-
-
-
-
-
2.2
Eksternal
1.
2.
3.
4.
Kesipan mengajar
Fasilitas pengembangan diri
Tanggungjawab terhadap siswa
Dukungan keuangan
-
-
-
-
3.
Sarana dan Prasarana
2.1
Internal
1.
2.
3.
4.
5.
Alat/media/ bahan
Perpustakaan dan buku-bukunya
Laboratorium dan alat-alatnya
Ruangan dan mobiler
Lapangan, Lingkungan Sekolah
-
-
-
-
-
2.2
Eksternal
1.
2.
3.
4.
Dukungan keuangan
Kerjasama, Komitmen
Lingkungan diluar sekolah
Kondisi Lokasi Sekolah
-
-
-
-

E.  ANALISIS SWOT


            E1.  KEKUATAN ( STRENGTH )

1.            Beban mengajar guru pada umumnya ringan akibat dari jumlah guru yang melebihi jumlah kelas yang ada, memungkinkan guru dapat melaksanakan tugas remidi dan pengayaan
2.            Kualifikasi guru > 75 % berijazah Sarjana S-1.
3.            Pengetahuan dasar siswa yang masuk dilihat dari nilai SKHU ( STTB ) Dasar yang cukup baik yaitu rata-rata 7,50
4.            Mempunyai laboratorium IPA dan Perpustakaan yang memadai
5.            Kesesuaian kualifikasi guru dengan mata pelajaran yang diajarkan > 85 % telah sesuai


            E2.  KELEMAHAN ( WEAKNESES )

1.            Motivasi dan kesiapan belajar siswa masih belum baik diakibatkan oleh lingkungan sosial siswa yang kurang baik dan diikuti dengan komitmen serta profesionalisme guru yang kurang baik, metode pembelajaran yang lebih variatif, disiplin penggunaan waktu serta kompetensi guru yang masih memerlukan motivasi-motivasi dan pembinaan
2.            Keadaan sarana dan prasarana yang sudah tua sudah tidak nyaman lagi digunakan untuk belajar
3.            Alat/ Media Pembelajaran tidak cukup
4.            Kemampuan dan komitmen Guru menggunakan Alat/ Media yang sudah ada masih kurang menggembirakan
5.            Lingkungan sekolah yang sering banjir dimusim penghujan


            E3.  PELUANG ( OPPORTUNITY )

1.            Kesiapan guru untuk meningkatkan kompetensinya
2.            Sekolah memiliki Guru-guru yang berprestasi untuk dapat menjaddi tutor sejawat melalui MGMP tingkat sekolah
3.            Kesiapan siswa untuk dibimbing dan guru yang mau membimbing
4.            Lingkungan sekolah yang terhindar dari kebisingan dan sejuk
5.            Dukungan dana dari pemerintah memungkinkan sekolah ini dapat berkembang
6.            Animo masyaraka cukup tinggi untuk menyekolahkan anaknya di sekolah ini dibuktikan dengan tingginya presentase yang tidak diterima pada PSB > 50 %


            E4.  ANCAMAN ( THREAT )

1.            Kurangnya fasilitas pengembangan profesi guru
2.            Kesejahteraan guru yang rendah ditambah lagi dengan dukungan dana dari pemerintah yang sangat minim sangat berpenarus terhadap peningkatan kompetensi guru tersebut demikian juga mutu siswa
3.            Lingkungan tempat tinggal siswa yang kurang mendukung peningkatan mutu siswa
4.            Lokasi sekolah yang dibangun didaerah rawa-rawa mengakibatkan KBM sering terganggu akibat banjir





F.  ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH



1.  MENINGKATKAN RATA-RATA HASIL UJIAN  NASIONAL MINIMAL 7,50

1.1.     Pengaktifkan kegiatan MGMP dan pelatihan
1.2.     Mendorong menyelesaikan pendidikan formal
1.3.     Pengadaan dan perbaikan alat peraga/praktek dan media pembelajaran
1.4.     Pengadaan/perbaikan Sarana dan Prasarana
1.5.     Peningkatan layanan perpustakaan dan pengadaan buku
1.6.     Pelaksanaan Remidi
1.7.     Pemberian jam tambahan dan Try Out.

2.  MENINGKATKAN PRESTASI KREATIFITAS BIDANG AKADEMIS

2.1.     Kelompok Belajar
2.2.     Mengikutsertakan siswa dan guru dalam kegiatan lomba akademis
2.3.     Pengadaan bahan-bahan pendukung kegiatan
2.4.     Mendatangkan pelatih profesional
2.5.     Kegiatan Pengayaan Mata Pelajaran

3.  MENINGKATKAN PRESTASI BIDANG KESENIAN

3.1.     Pembentukan Tim Kesenian
3.2.     Mengadakan pelatihan terjadwal dan berkesinambungan
3.3.     Peningkatan /pengembangan sarana dan prasarana Pelatihan
3.4.     Mengikutsertakan siswa dalam lomba-lomba kesenian

4.  MENINGKATKAN PRESTASI BIDANG OLAHRAGA

4.1.     Membentuk tim olah raga Bola kaki, Bulu tangkis , Tennis Meja , Renang dan Atletik
4.2.     Mengadakan pelatihan terjadwal dan berkesinambungan
4.3.     Pengadaan dan perbaikan sarana dan prasarana
4.4.     Mengikutsertakan tim dalam pertandingan-pertandingan

5.  MEMILIKI DAN MENGEMBANGKAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

5.1       Pengaktipan kegiatan OSIS
5.2       Pengaktipan tim ekstrakurikuler pramuka, sispala, P4GN dan Paskibra
5.3       Mengadakan kegiatan terjadwal dan berkesinambungan
5.4       Pengadaan dan perbaikan sarana dan prasarana
5.5       Mengikutsertakan tim dalam kegiatan-kegiatan OSIS diluar sekolah


6.  MEMILIKI LINGKUNGAN SEKOLAH YANG NYAMAN DAN KONDUSIF UNTUK
     MELAKSANAKAN KEGIATAN SEKOLAH.

6.1.     Menyusun blue print  program pembangunan sekolah
6.2.     Menyusun proposal pembangunan sekolah dan rehab gedung
6.3.     Pengadaan dan perbaikan mbiler
6.4.     Pengecatan terprogram dan berkesinambungan
6.5.     Mengupayakan kerjasama dengan berbagai pihak melalui Komite Sekolah
6.6.     Penanaman pohon perindang
6.7.     Program pertamanan yang terprogram dan berkesinambungan
6.8.     Mengupayakan perawatan terhadap yang sudah ada

7.  MEMILIKI KEGIATAN KEAGAMAAN YANG BAIK DALAM MENINGKATKAN
     IMAN DAN TAQWA UNTUK MEMBENTENGI PRIBADI SISWA DARI
     PERBUATAN-PERBUATAN YANG TERCELA

                  Mengupayakan pembangunan Mushola
                  Mengupayakan kelengkapan alat-alat peribadatan rutin disekolah
                  Kegiatan peribadatan rutin Sholat  Dzuhur
                  Pengajian Sabtu
                  Baca Tulis Qur’an Setiap Senin
                  Kebaktian Jum’at
                  Perwiritan dan Kebaktian Bulanan Guru dan Pegawai
                  Peringatan hari besar keagamaan

8.  MEMILIKI BUDAYA DISIPLIN  DALAM SELURUH KEGIATAN WARGA
        SEKOLAH

                  Penyusunan Tata tertib siswa dengan melibatkan warga sekolah
                  Penyusunan Tata-tertib Guru dan Pegawai diluar Peraturan yang sudah ada dengan melibatkan guru dan pegawai
                  Mengupayakan motivasi dan pembinaan seluruh warga sekolah untuk mentaati peraturan yang sudah dibuat
                  Mengoptimalkan tugas Bimbingan dan Konseling
                  Memberikan sanksi kepada setiap warga sekolah yang melanggar tata tertib yang sudah dibuat.



Tidak ada komentar:

Entri yang Diunggulkan

LAPORAN LOKAKARYA 5 PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGAKATAN 4 KOTA PEMATANGSIANTAR

    LAPORAN KEGIATAN   LOKAKARYA KELIMA   REFLEKSI KOMPETENSI CALON GURU PENGGERAK   THEMA: GURU SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN   ...