Kamis, 10 Desember 2009

INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ELABORASI DAN PETA KONSEP PADA PEMBELAJARAN TEORI LISTRIK DI SMK

BAB I
PENDAHULUAN
Dunia pendidikan sekarang dituntut untuk senantiasa melakukan inovasi dalam pembelajaran, pada berbagai aspeknya, mulai dari visi, misi, tujuan, program, layanan, metode, teknologi, proses, sampai evaluasi. Bagi seorang guru pemilihan model pembelajaran hendaknya dilakukan secara cermat, agar pilihan itu tepat atau relevan dengan berbagai aspek pembelajaran yang lain, efisien dan menarik. Lebih dari itu, banyak pakar yang menyatakan bahwa sebaik apa pun materi pelajaran yang dipersiapkan tanpa diiringi dengan model pembelajaran yang tepat, pembelajaran tidak akan mendatangkan hasil yang maksimal. Kecermatan pilihan itu semakin penting jika kondisi yang dihadapi kurang kondusif, seperti halnya pembelajaran teori listrik bagi siswa semester awal di SMK.

Rabu, 09 Desember 2009

SOAL UJIAN RANGKAIAN DIGITAL

1. Buatlah tabel kebenaran untuk gerbang NAND 4 input!
2. Buktikan persamaan Boolean dengan tabel kebenaranya untuk persamaan A . B = A + B!
3. Bedakan antara gerbang NAND dengan gerbang NOR!
4. Sederhanakan persamaan dibawah ini dengan menggunakan peta Karnaugh Map dan Aljabar Boolean:
Y =A B C D + A B C D + A B C D + A B C D + A B C D + A B C D+A B C D
5. Rencanakan sebuah Half Adder dengan menggunakan gabungan gerbang logika dasar!6. Jumlahkan data biner 1 1 0 1 0 1 1 dengan 0 1 1 0 0 0 1
7. Tuliskan 3 jenis IC TTL lengkap dengan kharakteristiknya masing-masing!
8. Tuliskan 5 buah tipe dari IC TTL yang merupakan implementasi gerbang logika dasar!
9. Tuliskan perbedaan antara IC TTL dengan CMOS?
10. Tuliskan langkah-langkah merancang rangkaian Half Adder dan Full Adder.
11. Jelaskan fungsi rangkaian ADC dan DAC.
12 Jelaskan prinsip kerja rangkaian ADC dan DAC

Senin, 07 Desember 2009

TEORI ELABORASI


Component Display Theory
Dunia pendidikan sekarang dituntut untuk senantiasa melakukan inovasi dalam pembelajaran, pada berbagai aspeknya, mulai dari visi, misi, tujuan, program, layanan, metode, teknologi, proses, sampai evaluasi. Bagi seorang dosen pemilihan model pembelajaran hendaknya dilakukan secara cermat, agar pilihan itu tepat atau relevan dengan berbagai aspek pembelajaran yang lain, efisien dan menarik. Lebih dari itu, banyak pakar yang menyatakan bahwa sebaik apa pun materi pelajaran yang dipersiapkan tanpa diiringi dengan model pembelajaran yang tepat pembelajaran tidak akan mendatangkan hasil yang maksimal. Strategi pembelajar elaborasi adalah strategi belajar yang menambahkan ide tambahan berdasarkan apa yang seseorang sudah ketahui sebelumnya (Ormrod, 2006).

Selasa, 24 November 2009

Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan (Educational Research & Development)


BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian, yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi di masyarakat luas, maka diperlukan penelitian untuk menguji keefektifan produk tersebut.
Jadi penelitian dan pengembangan bersifat longitudinal (hertahap bisa multy years). Penelitian Hibah Bersaing (didanai oleh Dierktorat Jenderal Pendidikan Tinggi), adalah penelitian yang menghasilkan produk, sehingga metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan.

Selasa, 10 November 2009

Mengenali Kebutuhan Emosi Anak Anda




Sebagai orang tua, kita perlu memperhatikan kondisi emosi anak.  Membantu mereka mengenali emosi atau perasaan yang mereka mengenali emosi atau perasaan yang mereka rasakan pada saat-saat tertentu dalam hidup mereka yang membantu untuk memproses emosi mereka menuju kematangan emosi.
Dalam menghadapi anak, orangtua diperhadapkan empat jenis kondisi emosi seperti moody, marah, kesedihan dan stress (untuk stress akan dibahas pada artikel selanjutnya).

Sabtu, 07 November 2009

HIRARKI BELAJAR GAGNE DAN ADVANCE ORGANIZER AUSUBEL


BAB I
PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG
Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku pada diri manusia. Kegiatan belajar sangat dipengaruhi bermacam-macam faktor. Metode dan strategi belajar sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Keberhasilan siswa mencapai suatu tahap hasil belajar memungkinkannya untuk belajar lebih lancar dalam mencapai tahap selanjutnya.

Entri yang Diunggulkan

LAPORAN LOKAKARYA 5 PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGAKATAN 4 KOTA PEMATANGSIANTAR

    LAPORAN KEGIATAN   LOKAKARYA KELIMA   REFLEKSI KOMPETENSI CALON GURU PENGGERAK   THEMA: GURU SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN   ...