Selasa, 31 Mei 2022

LAPORAN LOKAKARYA 5 PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGAKATAN 4 KOTA PEMATANGSIANTAR

 

 LAPORAN KEGIATAN
 LOKAKARYA KELIMA
 REFLEKSI KOMPETENSI CALON GURU PENGGERAK
 THEMA:
GURU SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN

 

PENGAJAR PRAKTIK:

BESLON SAMOSIR

 

 




PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 4

SIANTAR HOTEL 21 MEI 2022

KOTA PEMATANGSIANTAR - SUMUT


DAFTAR ISI

NO

KONTEN


1

Pengantar

 

2

Sekilas Program

 

3

Rangkuman Sesi

 

4

Jadwal Lokakarya

 

5

Gambaran Detil Sesi


 

A. Pembukaan


 

B. Evaluasi Kompetensi


 

C. Refleksi Kompetensi

 

 

D. Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat

 

 

E. Penyusunan Rencana Pengembangan Kompetensi

 

 

F. Penutup

 

6

Lampiran

..

 

A. Daftar Istilah

..

 

B. Daftar Periksa Perlengkapan

..

 

C. Bahan Bacaaan

..

 

 


PENGANTAR DAN SEKILAS PROGRAM

 Mengawali kegiatan Pendidikan Guru Penggerak, Peserta akan melaksanakan kegiatan Lokakarya 5. Kegiatan Lokakarya ini merupakan proses belajar di Pendidikan Guru Penggerak mengenai Refleksi Kompetensi Calon Guru Penggerak.

Produk yang dihasilkan

  1. Evaluasi kompetensi guru penggerak
  2. Hasil refleksi diri
  3. Rencana pengembangan diri calon guru penggerak

Tujuan Belajar

  1. Calon Guru Penggerak mampu mengidentifikasi kompetensi yang sudah berkembang selama program calon guru penggerak
  2. Calon guru penggerak mampu mengidentifikasi kompetensi yang belum berkembang selama program calon guru penggerak
  3. Calon guru penggerak mampu mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat pengembangan kompetensi diri calon guru penggerak
  4. Calon guru penggerak mampu menyusun rencana pengembangan diri berdasarkan kompetensi guru penggerak

Indikator Keberhasilan

  1. Calon Guru Penggerak dapat melakukan refleksi diri berdasarkan kompetensi guru penggerak
  2. Calon Guru Penggerak dapat membuat rencana pengembangan diri berdasarkan kompetensi guru penggerak

Agenda

  1. Evaluasi kompetensi diri calon guru penggerak
  2. Refleksi kompetensi guru penggerak
  3. Analisis faktor pendukung dan penghambat pengembangan kompetensi
  4. Rencana pengembangan diri

Target Peserta, Peran Terlibat, dan bentuk kelas

Peserta:
1 kelas B berisi 10 orang calon guru penggerak dan 2 orang Pengejar Praktik

Pengajar Praktik:

1.      Beslon Samosir

2.      Darwin Antoni Manurung

Calon Guru Penggerak:

1.      Bebasuki

2.      Qoiriyani Pohan

3.      Riamsah Sihotang

4.      Sri Sofian

5.      Sri Sunarty Ompusunggu

6.      Jublihart Sirait

7.      Maria Goretti Purba

8.      Patar Chan Nababan

9.      Wasriati Sari Dewi

10.   Yul Afnizar



Peran Terlibat:

  • P4TK Penjas dan BK
  • Pengajar Praktik
  • Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar
  • Cabang Dinas Pendidikan Siantar

Bentuk Kelas:

U-Shaped With Table

RANGKUMAN SESI 

NO

JUDUL SESI

AKTIVITAS

DURASI

PERLENGKAPAN

1

Pembukaan

-       Pembukaan

-       Penyampaian agenda kegiatan

-       Pembuatan kesepakatan kelas

30’

Sound System

Laptop

Musik Instrumental

Kertas HVS
Spidol Kecil

Papan Plano

Kertas Plano

Meta Card

Spidol Besar

Selotip kertas

Post it

Crayon

2

Evaluasi kompetensi calon guru penggerak

-       Evaluasi kompetensi calon guru penggerak

30’

3

Refleksi kompetensi

-       Refleksi perkembangan kompetensi calon guru penggerak

-       Berbagi hasil refleksi kompetensi

45’

 

 

45’

4

Analisa faktor pendukung dan faktor penghambat

-       Analisa faktor pendukung

-       Diskusi

-       Analisa faktor penghambat

-       Diskusi

30’

 

 

30’

5

Rencana pengembangan diri

-       Penyusunan rencana pengembangan diri calon guru penggerak

-       Berbagi rencana pengembangan diri

45’

 

15’

6

Penutup

-       Evaluasi Lokakarya

-       Refleksi Akhir

-       Penutup

30’


JADWAL LOKAKARYA 

NO

WAKTU

DURASI

KEGIATAN

1

08.00 – 09.00

60’

-       Penyambutan calon guru penggerak dan pengisian daftar hadir

-       Penyiapan kebutuhan lolalarya oleh panitia dan Pengajar Praktik

2

09.0     – 09.30

30’

-          Pembukaan

-          Penyampaian agenda kegiatan

-          Pembuatan kesepakatan kelas

3

09.30 – 10.00

30’

Evaluasi diri calon guru penggerak

 

4

10.00 – 10.45

45’

Refleksi kompetensi calon guru penggerak

 

5

10.45 – 11.30

45’

Berbagi hasil refleksi kompetensi calon guru penggerak

 

6

11.30 – 12.00

30’

Analisis faktor pendukung pengembangan kompetensi CGP

 

7

12.00-13.00

60’

Istirahat siang

8

13.00 – 13.10

10’

Energizer

9

13.10 . 13.40

30’

Analisis faktor penghambat pengembangan kompetensi CGP

10

13.40 – 14.25

45’

Penyusunan rencana pengembangan kompetensi CGP

11

14.25 – 14.40

15’

Berbagi hasil rencana pengembangan kompetensi diri CGP

12

14.40 – 15.00

20’

Wrap up dan penutup

13

15.00 – 15.30

30’

Membersihkan ruangan


PELAKSANAAN DETIL SESI

NAMA SESI : Pembukaan Sesi

DURASI : 30  MENIT

TUJUAN SESI : Peserta mengetahui tujuan dan alur lokakarya pada sesi ini.

PERLENGKAPAN YANG DIBUTUHKAN:

       Sound System

       Kertas HVS

       Spidol Kecil

       Papan Plano

       Kertas Plano

       Meta Plan

       Spidol Besar

       Spidol sedang

 

NAMA AKTIVITAS: PEMBUKAAN DAN TANYA KABAR (15’)

Persiapan :

-          Letakkan spidol kecil dan kertas HVS di meja sejumlah calon guru penggerak

Pelaksanaan :

Sesi pembukaan merupakan kunci utama dalam membangun keterlibatan peserta dalam sesi. calon guru penggerak disapa dengan hangat namun tetap menunjukkan semangat.

Pengajar Praktik memberikan waktu kepada peserta untuk menggambar. Pengajar Praktik memutar musik instrumental.




CGP MENGGAMBARKAN MENCERITAKAN PERASAAN MASING-MASING

 

Setelah selesai, Pengajar Praktik mempersilakan peserta duduk kembali.

  

NAMA AKTIVITAS : PENYAMPAIAN AGENDA DAN ALUR LOKAKARYA (5’)

Persiapan :

-          Metaplan disiapkan, spidol besar dan selotip kertas di meja Pengajar Praktik dekat dengan papan plano.

Pelaksanaan :

Pengajar Praktik menjelaskan topik dan tujuan dari lokakarya kelima

 Pengajar Praktik menampilkan di slide power point

 Penyampaian agenda dan alur lokakarya kelima

 Pengajar Praktik menampilkan di slide power point

 

 NAMA AKTIVITAS : PEMBUATAN KESEPAKATAN KELAS (10’)

Persiapan       :

-          Siapkan spidol besar untuk menuliskan Kesepakatan Kelas pada papan plano.

Pelaksanaan   :

Pembuatan kesepakatan kelas

(Pengajar Praktik bertanya kepada peserta lain untuk membuat kesepakatan. Apabila disepakati, kesepakatan kelas bisa ditulis di papan plano)


Kesepakatan Kelas B Diketika dan Ditampilkan di Slide

NAMA SESI: EVALUASI KOMPETENSI CALON GURU PENGGERAK

DURASI: 30  MENIT

     TUJUAN SESI : Calon Guru Penggerak melakukan evaluasi diri berdasarkan daftar kompetensi guru penggerak

PERLENGKAPAN YANG DIBUTUHKAN:

     Daftar kompetensi calon guru penggerak

     Laptop + Musik Instrumental + Sound system

NAMA AKTIVITAS : CEK KOMPETENSI CALON GURU PENGGERAK

Persiapan       :

-          Daftar kompetensi calon guru penggerak disipakan dalam bentuk soft copy dan dibagikan kepada calon guru penggerak.

Pelaksanaan   :

Pengantar sesi evaluasi kompetensi disampaikan kepada Calon Guru Penggerak

Pengajar Praktik membagikan daftar kompetensi calon guru penggerak.

Daftar kompetensi guru penggerak ada di lampiran/lembar kerja 1

Pengisian/cek daftar kompetensi calon guru penggerak (Pengajar Praktik memutarkan musik instrumental)

Sesi ini selesai, dan lanjut ke sesi berikutnya

NAMA SESI: REFLEKSI KOMPETENSI

DURASI: 90 MENIT

TUJUAN SESI :

- Calon Guru Penggerak mampu mengindentifikasi kompetensi yang sudah berkembang dan kompetensi yang belum berkembang selama program calon guru penggerak

PERLENGKAPAN YANG DIBUTUHKAN:

     Plano

     Crayon

     Sound System

     Laptop + Musik Instrumental

     Form refleksi praktik mengajar

     Stopwatch (bisa hp)

     Lonceng/pluit/lainnya untuk penanda waktu selesai

 

NAMA AKTIVITAS : REFLEKSI KOMPETENSI 45’

Persiapan       :

-          Siapkan plano dan crayon sejumlah peserta

-          Minta peserta mengeluarkan hasil evaluasi kompetensi dari lokakarya pertama

Pelaksanaan   :

Pengantar sesi refleksi kompetensi disampaikan dengan mengajak Calon Guru Penggerak untuk mengucapkan bersama-sama pepatah

 

Belajar tanpa refleksi adalah sia-sia. Refleksi tanpa belajar itu berbahaya.” (secara bersama-sama)

Refleksi diri berdasarkan hasil evaluasi kompetensi calon guru penggerak

Pertanyaan refleksi sebagai berikut :

1.      Kompetensi yang berkembang

a.      Apa kompetensi yang sudah berkembang baik selama program calon guru penggerak ?

b.      Apa strategi yang sudah Bapak/Ibu lakukan sehingga kompetensi tersebut berkembang ?

c.       Bagaimana proses perkembangan kompetensi yang sudah berkembang tersebut ?

2.      Kompetensi yang belum berkembang

a.      Apa kompetensi yang belum berkembang selama program calon guru penggerak ?

b.      Kendala yang saya hadapi dalam pengembangan kompetensi tersebut adalah ?

c.       Upaya yang sudah saya lakukan dalam menghadapi kendala tersebut adalah ?

(Pengajar Praktik menampilkan pertanyaan refleksi di slide)


                   Kompetensi CGP yang Sudah Berkembang dan Yang Belum Berkembang 

 

NAMA AKTIVITAS : BERBAGI REFLEKSI KOMPETENSI 45’

Persiapan       :

-          Siapkan lembar kerja 5.2, strategi dari rekan sejawat sejumlah calon guru penggerak

Pelaksanaan   :

Berbagi hasil refleksi dalam kelompok (Pengajar Praktik meminta calon guru penggerak bergabung dengan masing-masing kelompok Pengajar Praktik)

Lembar kerja 5.2 Strategi pengembangan kompetensi dari rekan sejawat yang sudah diisi oleh Calon Guru Penggeral ada pada Lampiran.

 

NAMA SESI: REFLEKSI FAKTOR PENDUKUNG DAN FAKTOR PENGHAMBAT

DURASI : 60 MENIT

TUJUAN SESI :

-          Calon guru penggerak mampu mengidentifikasi faktor pendukung perkembangan kompetensi calon guru penggerak

-          Calon guru penggerak mampu mengidentifikasi faktor penghambat perkembangan kompetensi calon guru penggerak

PERLENGKAPAN YANG DIBUTUHKAN:

     Plano

     Post It 4 warna

     Selotip kertas

     Spidol besar

     Spidol kecil

 

NAMA AKTIVITAS : REFLEKSI FAKTOR PENDUKUNG PENGEMBANGAN KOMPETENSI DIRI (30’)

Persiapan       :

-          Tempelkan tiga  plano dalam dinding untuk menempel post it jawaban dari calon guru penggerak.

Apa faktor pendukung yang membuat kompetensi Bapak/Ibu berkembang ?

 

(tempat menempel post it)

Siapa yang membantu mempermudah kompetensi Bapak/Ibu berkembang ?

 

(tempat menempel post it)

Apa yang bisa Bapak/Ibu lakukan untuk bisa meningkatkan faktor dukungan?

 

 

 

(tempat menempel post it)

-          Bagikan post it dengan tiga warna berbeda kepada masing-masing calon penggerak. Setiap warna kurang lebih 5 post it.

Pelaksanaan   :

Pengantar sesi refleksi faktor pendukung dan faktor penghambat pengembangan kompetensi calon guru penggerak

Penjelasan identifikasi faktor pendukung.

            Pertanyaan Pemantik :

-          Apa faktor pendukung yang membuat kompetensi Bapak/Ibu berkembang ?

-          Siapa yang membantu mempermudah kompetensi Bapak/Ibu berkembang ?

-          Apa yang bisa Bapak/Ibu lakukan untuk bisa mempertahankan atau meningkatkan faktor dukungan tadi untuk pengembangan kompetensi Bapak/Ibu?

 

(Setelah semua selesai, Pengajar Praktik bisa meminta perwakilan calon guru penggerak masing-masing dua untuk mengelompokkan jawaban setiap pertanyaan)


Faktor Pendukung CGP

Cerita faktor pendukung berdasarkan jawaban yang sudah di tempel pada kertas plano

(Pengajar Praktik mempersilakan perwakilan calon guru penggerak untuk menceritakan jawaban yang ditulis. Pengajar Praktik bisa meminta dari hasil masing-masing kelompok jawaban. Bisa dimulai dari yang paling banyak jawaban sama)


Pihak Yang Membantu CGP

(Sama seperti sebelumnya, Pengajar Praktik mempersilakan perwakilan calon guru penggerak untuk menceritakan jawaban yang ditulis. Pengajar Praktik bisa meminta dari hasil masing-masing kelompok jawaban. Bisa dimulai dari yang paling banyak jawaban sama)


Aksi Nyata Yang Dilakukan CGP

(Sama seperti dua jawaban sebelumnya, Pengajar Praktik bisa mempersilakan perwakilan calon guru penggerak untuk menceritakan jawaban yang ditulis berdasarkan kelompok jawaban. Bisa dimulai dari yang paling banyak jawaban sama).

Setelah selesai


NAMA AKTIVITAS : ENERGIZER (10’)

Persiapan       :

Minta peserta untuk memulai sesi sesuai jadwal 13.00

Pelaksanaan   :

Buka sesi setelah istirahat siang dengan permainan

Permainan cukup 10 menit, setelah 10 menit bisa mulai sesi selanjutnya.

 

NAMA AKTIVITAS : REFLEKSI FAKTOR PENGHAMBAT PENGEMBANGAN KOMPETENSI DIRI (30’)

Persiapan       :

-          Tempelkan tiga  plano dalam dinding untuk menempel post it jawaban dari calon guru penggerak.

Apa  faktor yang menghambat pengembangan kompetensi Bapak/Ibu ?

 

(tempat menempel post it)

Siapa pihak yang bisa terlibat untuk meminimalisir faktor penghambat tersebut

 

(tempat menempel post it)

Apa yang bisa dilakukan untuk meminimalisir faktor penghambat tersebut ? 

 

 

 

(tempat menempel post it)

-          Bagikan post it dengan tiga warna berbeda kepada masing-masing calon penggerak. Setiap warna kurang lebih 5 post it.

Pelaksanaan   :

Sesi faktor penghambat pengembangan kompetensi diri.

Pertanyaan Pemantik:

1.      Apa saja faktor yang menghambat pengembangan kompetensi Bapak/Ibu ?

2.      Siapa pihak yang bisa terlibat untuk meminimalisir faktor penghambat tersebut?

3.      Apa yang bisa Bapak/Ibu lakukan untuk meminimalisir faktor penghambat tersebut ?

 

Pihak Yang Terlibat dan Faktor Yang Menghambat Pengembangan Kompetensi CGP

 

(Setelah semua selesai, Pengajar Praktik bisa meminta perwakilan calon guru penggerak masing-masing dua untuk mengelompokkan jawaban setiap pertanyaan)  

(Diberi waktu kurang lebih lima menit untuk guru-guru mengelompokkan jawaban yang sama di setiap pertanyaan).

Cerita faktor pendukung berdasarkan jawaban yang sudah di tempel pada kertas plano




(Pengajar Praktik bisa mempersilakan perwakilan calon guru penggerak untuk menceritakan jawaban yang ditulis berdasarkan kelompok jawaban. Bisa dimulai dari yang paling banyak jawaban sama. Masing-masing kelompok jawaban bisa meminta dua perwakilan calon guru penggerak untuk bercertia. Bisa disesuaikan dengan durasi).


(Pengajar Praktik bisa mempersilakan perwakilan calon guru penggerak untuk menceritakan jawaban yang ditulis berdasarkan kelompok jawaban. Bisa dimulai dari yang paling banyak jawaban sama. Masing-masing kelompok jawaban bisa meminta dua perwakilan calon guru penggerak untuk bercertia. Bisa disesuaikan dengan durasi). 

(Pengajar Praktik bisa mempersilakan perwakilan calon guru penggerak untuk menceritakan jawaban yang ditulis berdasarkan kelompok jawaban. Bisa dimulai dari yang paling banyak jawaban sama. Masing-masing kelompok jawaban bisa meminta dua perwakilan calon guru penggerak untuk bercertia. Bisa disesuaikan dengan durasi). 

 

NAMA SESI: RENCANA PENGEMBANGAN KOMPETENSI

DURASI : 60  MENIT

TUJUAN SESI : Calon guru penggerak mampu menyusun rencana pengembangan kompetensi calon guru penggerak

PERLENGKAPAN YANG DIBUTUHKAN:

     Spidol

NAMA AKTIVITAS : MENYUSUN RENCANA PENGEMBANGAN KOMPETENSI (45’)

Persiapan :

-          Siapkan lembar kerja rencana pengembangan kompetensi (3 x sejumlah peserta)

-          Minta peserta untuk mengeluarkan lembar kerja pada sesi sebelumnya

Pelaksanaan :

Hanya ada satu bukti kemampuan-tindakan

Pengantar sesi pembuatan rencana pengembangan kompetensi

CGP melihat  kembali :

1.      hasil evaluasi kompetensi

2.      hasil  refleksi kompetensi

3.      strategi pengembangan kompetensi dari calon guru penggerak lain

4.      serta faktor-faktor pendukung dan penghambat di plano depan.


Lembar kerja 5.3 Rencana pengembangan kompetensi calob guru penggerak

-        Apa kompetensi yang ingin Bapak/Ibu kembangkan selama tiga bulan ke depan ? 

 -        Apa rencana Bapak/Ibu untuk mencapai kompetensi tersebut ?

 -        Apa ukuran keberhasilan rencana pengembangan kompetensi tersebut?

 

-       Bagaimana cara Bapak/Ibu mengatasi faktor penghambat atau gangguan untuk mencapai kompetensi tersebut ?

  

-        Apa kompetensi yang ingin Bapak/Ibu kembangkan selama tiga bulan ke depan ? 

 -        Apa rencana Bapak/Ibu untuk mencapai kompetensi tersebut ?

  -        Apa ukuran keberhasilan rencana pengembangan kompetensi tersebut?

   

-       Bagaimana cara Bapak/Ibu mengatasi faktor penghambat atau gangguan untuk mencapai kompetensi tersebut ?

  

Pertanyaan Pemantik:

1.      Apa kompetensi yang ingin Bapak/Ibu kembangkan selama tiga bulan ke depan ?

2.      Apa rencana kamu untuk mencapai kompetensi tersebut ?

3.      Apa ukuran keberhasilan rencana pengembangan kompetensi tersebut?

4.      Bagaimana cara Bapak/Ibu mengatasi faktor penghambat atau gangguan untuk mencapai kompetensi tersebut ?

 

 Pengajar Praktik memutarkan musik instrumental

 



Pengajar Praktik bisa mendampingi dan menanyakan kesulitan Bapak/Ibu Guru

   

NAMA AKTIVITAS : BERBAGI RENCANA PENGEMBANGAN KOMPETENSI (15’)

Persiapan :

-          Siapkan peserta kembali pada tempat duduk masing-masing

Pelaksanaan :

Pengantar berbagi rencana pengembangan kompetensi telah disampaikan



CGP Menyampaikan /Bebagi Rencana Pengembangan.

  

PENUTUPAN

DURASI: 25 MENIT

TUJUAN SESI

     Calon Guru Penggerak dapat mengevaluasi hasil belajar dan kegiatan lokakarya kelima

     Calon Guru Penggerak dapat mengingat apa yang sudah dipelajari bersama pada lokakarya kelima

     Calon Guru Penggerak dapat mengetahui tugas yang perlu dilakukan untuk lokakarya selanjutnya

PERLENGKAPAN YANG DIBUTUHKAN:

     Lembar evaluasi

     Alat tulis

     Kamera

PENGISIAN LEMBAR EVALUASI (5’)

Persiapan       :

-          Siapkan lembar kerja evaluasi lokakarya sejumlah peserta

Pelaksanaan   :

Pengantar evaluasi lokakarya

(Pengajar Praktik lain membagikan lembar evaluasi kepada masing-masing peserta.)

(lembar kerja evaluasi lokakarya ada di lampiran 5.4 yang sudah diisi CGP ada pada lampiran)

 

Pengajar Praktik berkeliling untuk mengumpulkan lembar evaluasi yang telah selesai dikerjakan


REFLEKSI HASIL BELAJAR & PENUGASAN UNTUK LOKAKARYA 6 (10’)

Pelaksanaan   :

Pengantar refleksi akhir lokakarya 5

Berikan pengumuman tugas lokakarya berikutnya :


PENUTUPAN DAN FOTO BERSAMA (5’)


CGP Bebasuki Memimpin Doa Penutup

 


Foto Bersama Setelah Penutupan

 Selesai foto bersama, Pengajar Praktik mempersilakan Bapak-Ibu guru untuk meninggalkan lokasi.


LAMPIRAN

FOTO-FOTO KEGIATAN LOKKARYA 5












'' gagal diupload. Invalid response: There was an error during the transport or processing of this request. Error code = 103, Path = /_/BloggerUi/data/batchexecute























2 komentar:

Ika mengatakan...

Mantap Pak, Laporan kegiatan sangat lengkap, runut dan terinci...patut dicontoh ni

Beslon Samosir, M.Pd mengatakan...

Trimakasih ibu. salam sukses buat kita semua.

Entri yang Diunggulkan

LAPORAN LOKAKARYA 5 PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGAKATAN 4 KOTA PEMATANGSIANTAR

    LAPORAN KEGIATAN   LOKAKARYA KELIMA   REFLEKSI KOMPETENSI CALON GURU PENGGERAK   THEMA: GURU SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN   ...