Jumat, 16 Juli 2010

KONTRAK KULIAH PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR


PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR
1) Deskripsi
            Teknologi Pendidikan adalah suatu proses yang kompleks dan terpadu untuk menganalisis segala masalah pendidikan/belajar, mengidentifikasi alternatif pemecahannya, merancang, mengembangkan, melaksanakan dan menilai pelaksanaan pemecahannya tersebut. Bentuk pemecahan masalah dalam Teknologi Pendidikan adalah sumber belajar beserta pengelolaannya.
            Matakuliah ini memberikan pengetahuan tentang konsepsi misi, fungsi, tugas Pusat Sumber Belajar (PSB), strategi pengelolaannya mulai dari perancangan (bahan, ruang, peralatan, ketenagaan, biaya), pelaksanaan fungsi-fungsi tersebut dan penilaiannya, serta kemampuan dasar untuk merancang dan mengelola suatu PSB dan memanfaatkan Sumber Belajar baik yang ada di dalam maupun di luar PSB.
            Untuk memperluas wawasan mahasiswa, dibahas pula prinsip-prinsip dasar, rasional PSB dan kaitannya secara makro dengan Pengembangan Instruksional dan Teknologi Pendidikan serta Teknologi Instruksional.


2) TUJUAN UMUM
            Dengan mengikuti matakuliah ini, mahasiswa akan memahami apa, mengapa, bagaimana Suber Belajar dan pengelolaan PSB, kaitannya dengan Teknologi Pendidikan dan permasalahan pendidikan pada umumnya, serta diharapkan pula mampu menerapkan pengeahuan dan pemahaman tersebut dalam merancang dan mengelola suatu PSB.

3) TUJUAN KHUSUS
            Secara khusus mahasiswa diharapkan dapat :
1.      Menjelaskan pengertian belajar, sumber belajar dan kaitannya dengan Teknologi Pendidikan dan Teknologi Instruksional;
2.      Menjelaskan pengertian, manfaat dan perkembangan PSB;
3.      Menjelaskan misi, fungsi, tugas dan pelayanan PSB;
4.      Menjelaskan berbagai pola pengelolaan dan pelayanan PSB;
5.      Mengembangkan sistem instruksional;
6.      Memilih dan memanfaatkan media instruksional;
7.      Mengembangkan media instruksional;
8.      Mengenali, menggunakan dan merawat media dan peralatannya;
9.      Mengelola staf/tenaga PSB;
10.  Merencanakan ruang dan fasilitas PSB;
11.  Merencanakan pengadaan dan pengelolaan PSB;
12.  Merencanakan pengelolaan biaya PSB;
13.  Merencanakan strategi pemasyarakatan PSB dan
14.  Mengadakan evaluasi terhadap PSB.

4) STRATEGI
            Kuliah diberikan dalam 16 kali pertemuan, termasuk 2 kali pertemuan untuk tes tengah dan akhir semester.
            Untuk mencapai tujuan perkuliahan, kuliah disampaikan dalam bentuk seminar, tugas individual mingguan, bacaan individual dan tugas akhir.
            Oleh karena mahasiswa diharapkan dapat menerapkan ilmu yang dipelajari dalam kuliah ini maka agar lebih terarah untuk pembuatan tugas akhir yang bersifat terapan akan diberikan bimbingan secara individual. Untuk itu sejak awal mereka akan diminta secara bertahap menerapkan setiap topik yang dipelajarinya sehingga pada saat kuliah berakhir tugas akhir dapat segera diserahkan.
            Agar lebih dapat menghayati apa yang sedang dipelajarinya, apabila memungkinkan mahasiswa akan diajak mengunjungi PSB (sejenis) PSB yang ada.

5) PENILAIAN
            Keberhasilan belajar mahasiswa dalam kuliah ini akan dinilai atas dasar komponen dan bobot penilaian sebagai berikut :
            Partisipasi                    : 10
            Tugas mingguan          : 10
            Tes tengah semester    : 25
            Tes akhir semester       : 25
            Tugas akhir                  : 30


                                                100
            Partisipasi menyoroti aktivitas mahasiswa tidak saja kehadirannya secara fisik, tetapi yang lebih penting adalah kontribusi pemikiran, pendapat dan pengetahuannya dalam diskusi kelas untuk membantu pencapaian tujuan belajar.
            Tugas mingguan, sebagai penerapan dan atau pendalaman setiap topik ybs, dinilai atas dasar seberapa dalam, luas dan tepat penerapan apa-apa yang dipelajarinya dalam topik ybs.
            Tes tengah semester diberikan untuk mengukur penguasaan mahasiswa atas tujuan dan topik kuliah pada pertemuan pertama hingga ketujuh.
            Tes akhir semester mengulur penguasaan mahasiswa akan keseluruhan materi perkuliahan.
            Tugas akhir yang bersifat terapan dimaksudkan untuk memberi kesempatan mahasiswa menerapkan apa yang dipelajarinya dalam situasi kongkrit yang (akan) dihadapinya. Aspek yang dinilai adalah kebenaran konsep, ketepatan terapan, kecermatan/kedalaman analisis, sistematika sajian dan keaslian karya.

6) SUMBER
a). CETAK
1. Irving R. Merill & Harold A. Drob, Criteria for Planning the College and University Learning Resources Center, Washington : AECT, 1977.
2. Kenneth W. Allen & Loren Allen, Organization and Administration of The Learning Resources Center in the Community College, Connecticut, Shoe String Pres, Inc., 1973.
3. John T. Gilespie & Diana L. Sprit, Administering the School Media Center, New York : RR. Bowke Company, 1983.
4. William T. Schmid, Media Center Management, A Practical Guide, New York : Hastings House Publishers, 1980.
5. Margaret E. Chisholm & Donald P. Ely, Media Personnel Education, A Competency Approach, New Jersey: Prentica Hall, Inc., 1976.
6. A M Lavender & J. Megarry, Resource Centres : Design and Layout, Jordanhill College of Education, 1977.
7. P B Clarke, Library Resource Centres : Library to LRC. Jordanhill College of Education, 1977.
8. G. Kirkland, Resource Centres : Justification and Role, Jordanhill College of Education, 1977.
9. AECT, Definisi Teknologi Pendidikan, Jakarta : CV Rajawali, 1986.
10. -----------, College Learning Resource Program : A Book of Reading.
11. Yusufhadi Miarso, Dasar Falsafah teknologi Pendidikan, Jakarta : BP3K, 1983.
12. Ronald H Anderson, Selecting and Developing Media for Instruction, Wisconsin : American Society for Training & Development, 1976.
13. Arief S. Sadiman, R. Rahardjo, Anung Haryono dan Rahardjito, Media Pendidikan : Pengerian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta : CV Rajawali, 1986.
14 Jerrold E. Kemp, Planning and Producing AV Materials, 1975.
15.  ------------, Instructional Design, Aplan for Unit and Courses Development, California Fearpn Publishers, Inc., 1977.
16.  18. Kent L. Gustafson, Survey on Instructional Development Models, Syracuse University, ERIC Clearing House on Information Resources, 1981.
17.  19. Everet Rogers & Shoemaker, Communication of Information.
18.  20. Hall & Mc Cashin, “Career Education Product Installation Handbook: 30 Tactics for Change”.


7. JADWAL PERTEMUAN
Perte
muan
Tanggal
Topik
Sumber
1.

-Pengantar
-Pengetian Belajar, dan  sumber belajar
-AECT, The Definition of Educational Technology, Washingtoh DC, 1977
-Yusufhadi miarso, Dasar dan Falsafah Teknologi Pendidikan, BP3K, Jakarta, 1983.
-Merril & Drob, 1977, Bab I (hal.1-14)
2.

Kaitan antara belajar, sumber belajar, dan TP/TI

-AECT, The Definition of Educational Technology, Washingtoh DC, 1977
-Yusufhadi miarso, Dasar dan Falsafah Teknologi Pendidikan, BP3K, Jakarta, 1983.
-Merril & Drob, 1977, Bab I (hal.1-14)
3.

Struktur Orgnisasi Dan Penegelolaan Pusat Sumber Belajar
-Merril & Drob, 1977, Bab 2 (hal.1-18)
-Gillespie & Spirt, 1983, Bab 1 (1-18)
-Gary T. Peterson, “Conceptualizing the Laarning Resource Program” (22-24)
4

Fungsi dan Pelayanan PSB
-Gillespie & Sport, 1983, Bab 2(19-32)
-Kirkland, Resource Center : Justification and Role, 1977
-Allen & Allen, 1973, Bab 6 (65-81)
-Chisholm & Ely, 1976, Bab 5 (62-77)
5.

Pengembangan Sistem Instruksional
-Arief S.Sadiman, “Pengembangan Sistem Instruksional”, Dirdikgutentis, Jakarta, 1986
-Kemp, Instructional Design, A Plan for Unit and Course Development, 1977.
-Gustafson, Survey  on Instructional Development Mode, 1981.
-Gagne, dkk, 88, Bab 3
6.

Pengertian, macam dan karakteristik Media Pembelajaran.

-Arief S. Sadiman, dkk. Media Pendidikan, Jakarta, 1986.
-Brown, Lewis & Harcleroad, Bab 4 (62-80)
-Gillespie & Spirt, 1983, Bab 7-8(156-237)
-Anderson, Selecting and Developing Media for Instruction, 1976.
-Film : “AV Mateials in Teaching”
7.

Pemilihan dan Pengembangan Media Instructional
-Arief S. Sadiman, dkk., 1986
-Arief S. Sadiman, “Evaluasi Formatif Media Instruksional”, Pustekkom, 1986.
-Kemp, Planning and Producing AV Materials, 1975
-Video, “13 langkah menujur layar TV”
-Garry T. Peterson, “The Media Center in The Ecuational Mainstream”, AECT College Learning Resources Program (25-27)
-Gagne, dkk, 88, Bab 3
8.

Ujian tengah semester
-Semua topik dan sumber perkuliahan pertemuan 1-7
9.

 Macam, Kegunaan, Pemanfaatan, Dan Perawatan, Peralatan Media dalam PSB
-Gillespie & Spirt, 1983, Bab 8 (182-237)
-Studio Audio, Video, dan FFB Pustekkom Dikbud
-Gagne, dkk, 88, Bab 3
10

Pengelolaan Staf dan tenaga PSB
-Allen & Allen, 1973, Bab 3 (23-28)
-Merril & Drob, 1977, bab 4 (49-82)
-Chisholm & Ely, 1976, bab 3 (27-50)
-Schmid, 1980, bab 2 (26-36)
-Gillespie & Spirt, 1983, bab 5 (100-134)
11.

Pengelolaan Ruang dan Layanan PSB
-Merrie McMehan, “A Model for Design Media Centers”, (18-31)
-Schmid, 1980, Resorce Section 1 (171-215)
-Gillespie & Spirt, 1983, bab 6 (135-155)
-Lavender & Megarry, “Resource Centres Design and Layout”, 1977.
12.

Pengadaan perangkat Media dan pembiayaan PSB
-Schmid, 1980, bab 6-7 (96-147)
-Allen & Allen, 1973, bab 5 (47-64)
- Merril & Drob, 1977, bab 5 (83-108)
-Gillespie & Spirt, 1983, bab 4 (69-99)
13.

Pemasyarakatan PSB
-Schmid, 1980, bab 8-10 (148-176)
-Rogers & Schoemaker, “Perceived Attributes of Innovation” an “Opinion Leader”.
-Hall & Mccashin, “Career Education Product Installation Handbook : 30 Tactics for Change”.
14

Pengembangan Pusat Sumber Belajar
-Schmid, 1980, bab 8-10 (148-176)
-Rogers & Schoemaker, “Perceived Attributes of Innovation” an “Opinion Leader”.
-Hall & Mccashin, “Career Education Product Installation Handbook : 30 Tactics for Change”.
15

Review
Semua Materi
16.

Ujian akhir semester
--Semua topik dan materi perkuliahan

Tidak ada komentar:

Entri yang Diunggulkan

LAPORAN LOKAKARYA 5 PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGAKATAN 4 KOTA PEMATANGSIANTAR

    LAPORAN KEGIATAN   LOKAKARYA KELIMA   REFLEKSI KOMPETENSI CALON GURU PENGGERAK   THEMA: GURU SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN   ...