Selasa, 24 November 2009

Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan (Educational Research & Development)


BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian, yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi di masyarakat luas, maka diperlukan penelitian untuk menguji keefektifan produk tersebut.
Jadi penelitian dan pengembangan bersifat longitudinal (hertahap bisa multy years). Penelitian Hibah Bersaing (didanai oleh Dierktorat Jenderal Pendidikan Tinggi), adalah penelitian yang menghasilkan produk, sehingga metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan.

Selasa, 10 November 2009

Mengenali Kebutuhan Emosi Anak Anda




Sebagai orang tua, kita perlu memperhatikan kondisi emosi anak.  Membantu mereka mengenali emosi atau perasaan yang mereka mengenali emosi atau perasaan yang mereka rasakan pada saat-saat tertentu dalam hidup mereka yang membantu untuk memproses emosi mereka menuju kematangan emosi.
Dalam menghadapi anak, orangtua diperhadapkan empat jenis kondisi emosi seperti moody, marah, kesedihan dan stress (untuk stress akan dibahas pada artikel selanjutnya).

Sabtu, 07 November 2009

HIRARKI BELAJAR GAGNE DAN ADVANCE ORGANIZER AUSUBEL


BAB I
PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG
Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku pada diri manusia. Kegiatan belajar sangat dipengaruhi bermacam-macam faktor. Metode dan strategi belajar sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Keberhasilan siswa mencapai suatu tahap hasil belajar memungkinkannya untuk belajar lebih lancar dalam mencapai tahap selanjutnya.

Minggu, 25 Oktober 2009

OTAK KIRI ATAU KANAN??





Otak Kiri atau Otak Kanan ; Manakah yang paling sering anda gunakan???
Saat anda mengetik SMS di Handphone anda, tangan manakah yang paling sering anda gunakan? Begitu juga saat anda menerima panggilan, kuping manakah yang paling sering anda gunakan?
Mari kita bahas bersama-sama!!!

OTAK KIRI

Sifat Proses Berpikir:

Jumat, 16 Oktober 2009

UJIAN MID SEMESTER

PENYELESAIAN SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER

Mata Kuliah : Filsafat Ilmu
Nama Mahasiswa : Beslon Samosir
NIM : 809225002
Kelas : B
Prodi : Teknologi Pendidikan


1. Jelaskan perbedaan berfikir dan berfilsafat serta hubungan keduanya terhadap ilmu pengetahuan!
Jawab:
Berpikir adalah kegiatan mental yang menghasilkan pengetahuan. Pengetahuan dimulai dengan rasa ingin tahu, kepastian dimulai dengan rasa ragu-ragu dan filsafat dimulai dengan kedua-duanya. Sehingga “kearah berfikir filsafat” dapat dikatakan kegiatan mental yang terdorong untuk mengetahui apa yang telah kita tahu dan apa yang kita belum tahu. Berfilsafat berarti berendah hati bahwa tidak semuanya akan pernah kita ketahui dalam kesemestaan yang seakan tak terbatas ini. Demikian juga berfilsafat berarti mengoreksi diri, semacam keberanian untuk berterus terang, seberapa jauh sebenarnya kebenaran yang dicari telah kita jangkau.

Sabtu, 03 Oktober 2009

CRITICAL BOOK REVIEW


CRITICAL BOOK REVIEW

Oleh : Beslon Samosir NIM. 809225002 Angkatan XVI Tahun 2009
Prodi: Teknologi Pendidikan Program Pasca Sarjana UNIMED.

Judul buku: Sistem Gotong Royong Dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI (Jakarta), team penulis Direktorat Jenderal Kebudayaan Depdikbud RI, 1982. Buku ini sebuah laporan penelitian dengan ciri-ciri fisik, ukuran 15,5 x 23 Cm, halaman muka viii halaman, halaman isi 120 halaman, termasuk daftar index dan daftar kepustakaan, serta dilengkapi dengan dua buah lampiran yaitu peta lokasi daerah penelitian desa Condong Catur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, dan peta Daerah Istiewa Yogyakarta.

Entri yang Diunggulkan

LAPORAN LOKAKARYA 5 PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGAKATAN 4 KOTA PEMATANGSIANTAR

    LAPORAN KEGIATAN   LOKAKARYA KELIMA   REFLEKSI KOMPETENSI CALON GURU PENGGERAK   THEMA: GURU SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN   ...