Kamis, 08 Juli 2010

PERKULIAHAN SEMESTER III ANGKATAN XVI DIMULAI

Jadwal Kuliah Semester III Angkatan XVI

JADWAL PERKULIAHAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
PASCA SARJANA UNIMED
KELAS EKSEKUTIF (B) SEMESTER III


1. HARI JUM'AT : ( Ruang 14 )
PUKUL 14.00 - 15.40 : ANALISIS KEBUTUHAN PELATIHAN
Prof. Dr. Julaga Situmorang, M.Pd.
Prof. Dr. Abdul Hasan Saragih, M.Pd.

Pukul 16.00 - 18.40 : SEMINAR PERSIAPAN TESIS
Prof. Dr. H. Abdul Muin Sibuea, M.Pd.
Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd.

Pukul 19.00 - 20.40 : PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR
Prof. Dr. Binsar Panjaitan, M.Pd.
Dr. Mukhtar, M.Pd.

2. HARI SABTU : ( Ruang 14 )
PUKUL 10.00 - 12.30 : PRODUKSI MEDIA
Prof. Dr. Muhammad Badiran, M.Pd.
Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd.

Pukul 14.00 - 16.30 : PERENCANAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
Prof. Dr. Efendi Napitupulu, M.Pd.
Dr. Sahat Siagian, M.Pd.

Pukul 19.00 - 20.40 : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK PENDIDIKAN
Prof. Dr. Muhammad Badiran, M.Pd.
Prof. Tina Mariana Arifin, M.A., P.hD.

Senin, 10 Mei 2010

KURIKULUM 1947, KURIKULUM 1964, HINGGA KURIKULUM 2009

  1. Resume
Awal kurikulum terbentuk pada tahun 1947, yang diberi nama Rentjana Pembelajaran 1947. Kurikulum ini pada saat itu meneruskan kurikulum yang sudah digunakan oleh Belanda karena pada saat itu masih dalam psoses perjuangan merebut kemerdekaan. Yang menjadi ciri utama kurikulum ini adalah lebih menekankan pada pembentukan karakter manusia yang berdaulat dan sejajar dengan bangsa lain.
Setelah rentjana pembelajaran 1947, pada tahun 1952 kurikulum Indonesia mengalami penyempurnaan. Dengan berganti nama menjadi Rentjana Pelajaran Terurai 1952. Yang menjadi ciri dalam kurikulum ini adalah setiap pelajaran harus memperhatikan isi pelajaran yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari.
Usai tahun 1952, menjelang tahun 1964 pemerintah kembali menyempurnakan sistem kurikulum pendidikan di Indonesia. Kali ini diberi nama dengan Rentjana pendidikan 1964. yang menjadi ciri dari kurikulum ini pembelajaran dipusatkan pada program pancawardhana yaitu pengembangan moral, kecerdasan, emosional, kerigelan dan jasmani.
Kurikulum 1968 merupakan pemabaharuan dari kurikulum 1964. Yaitu perubahan struktur pendiddikan dari pancawardhana menjadi pembinaan jiwa pancasila, pengetahuan dasar, dan kecakapan khusus. Pemabelajaran diarahkan pada kegiatan mempertinggi kecerdasan dan keterampilan serta pengembangan fisik yang sehat dan kuat
kurikulum 1975 sebagai pengganti kurikulum 1968 menekankan pada tujuan, agar pendidikan lebih efisien dan efektif. Metode materi dirinci pada Prosedur Pengembangan Sistem Instruksi (PPSI). Menurut Mudjito (dalam Dwitagama: 2008) Zaman ini dikenal dengan istilah satuan pelajaran yaitu pelajaran setiap satuan bahasan. Setiap satuan dirinci lagi: petunjuk umum, tujuan intruksional khusus (TIK), materi pelajaran, alat pelajaran, kegiatan belajar-mengajar, dan evaluasi.

Senin, 03 Mei 2010

Man-Power Approach Pada Perencanaan Pendidikan

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Perencanaan atau yang sudah akrab dengan istilah planning adalah satu dari fungsi management yang sangat penting. Bahkan kegiatan perencanaan ini selalu melekat pada kegiatan hidup kita sehari-hari, baik disadari maupun tidak. Sebuah rencana akan sangat mempengaruhi sukses dan tidaknya suatu pekerjaan. Karena itu pekerjaan yang baik adalah yang direncanakan dan sebaiknya kita melakukan pekerjaan sesuai dengan yang telah direncanakan.

Kamis, 18 Maret 2010

KOMPONEN-KOMPONEN PERENCANAAN IMPLEMENTASI KURIKULUM

KOMPONEN PERENCANAAN IMPLEMENTASI KURIKULUM


Terdapat tujuh komponen utama dari sebuah rencana implementasi yaitu :



  1. Kajian Terhadap Program Baru
  2. Identifikasi Sumber Daya
  3. Definisi Peran
  4. Pengembangan Profesional
  5. Jadwal
  6. Sistem Komunikasi
  7. Monitoring Implementasi

Penjelasan:

TRANSMISI POSISI: KONTEKS DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM


PENGEMBANGAN KURIKULUM
Transmisi posisi: Konteks


Konteks filosofis
Filsafat empiris di mana posisi transmisi berakar dapat ditelusuri kembali ke Yunani kuno, tapi orientasi filosofis ini tidak menjadi terkenal sampai itu sebelumnya oleh filsuf seperti Francis Bacon dan John Lock. Posisi transmisi dapat dikaitkan dengan filsafat analitik.

Rabu, 20 Januari 2010

Keamanan Komputer



MK: Keamanan Komputer
MI : SEM V

1. Pendahuluan
Terhubungnya LAN atau komputer ke Internet membuka potensi adanya lubang keamanan lain (security hole) yang tadinya telah teratasi dengan mekanisme keamanan secara fisik dan lokal. Jaringan, terutama internet, merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat terbuka di dunia. Konsekuensi yang harus di tanggung adalah tidak ada jaminan keamanan bagi jaringan yang terkait ke internet. Artinya jika operator jaringan tidak hati-hati dalam men-set up sistem dan menerapkan policy-nya, maka kemungkinan besar jaringan yang terkait ke Internet akan dengan mudah dimasuki orang yang tidak di undang dari luar.

Entri yang Diunggulkan

LAPORAN LOKAKARYA 5 PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGAKATAN 4 KOTA PEMATANGSIANTAR

    LAPORAN KEGIATAN   LOKAKARYA KELIMA   REFLEKSI KOMPETENSI CALON GURU PENGGERAK   THEMA: GURU SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN   ...