Sabtu, 23 April 2022

PENDAMPINGAN INDIVIDU (PI) 4 PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

Tujuan

Pendampingan individu bertujuan untuk membantu Calon Guru Penggerak menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya sehingga Calon Guru Penggerak mampu:
  1. mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan refleksi, berbagi, dan kolaborasi;
  2. memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik; 
  3. merencanakan, menjalankan, merefleksikan, dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan melibatkan orang tua;

Jadwal

Proses pendampingan individu akan berlangsung satu bulan sekali sepanjang proses Pendidikan Guru Penggerak. Dalam setiap bulannya, pendamping akan mengunjungi sekolah Calon Guru Penggerak selama kurang lebih 4 jam untuk mengamati kegiatan pembelajaran dan perubahan yang terjadi di sekolah sebagai implementasi pembelajaran daring dan lokakarya serta mengajak mereka merefleksikan prosesnya.

Tema Pendampingan Individu

No

Fokus Pendampingan

0

  1. Diskusi tantangan belajar daring
  2. Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara

1

  1. Refleksi dan diskusi hasil umpan balik rekan sejawat
  2. Diskusi tantangan penerapan aksi nyata pada modul 1.1 dan 1.2

2

  1. Diskusi penerapan komunitas praktisi di sekolah dengan menggunakan lembar kerja di Lokakarya 1 dengan pertanyaan kunci seputar capaian, tantangan, diskusi solusi tantangan
  2. Refleksi penerapan positif disiplin di kelas CGP
  3. Diskusi refleksi menjalankan tugas untuk dibawa ke Lokakarya 3

3

  1. Diskusi pelaksanaan komitmen CGP dan kepala sekolah 
  2. Diskusi komunikasi visi ke warga sekolah dan bagaimana tanggapan warga sekolah terhadap penyampaian visi, 
  3. Pertanyaan tentang capaian, tantangan dan upaya perbaikan.
  4. Diskusi tentang hasil pemetaan karakter murid di kelasnya (Modul 2.1)

4

  1. Diskusi aksi nyata setelah lokakarya 4 dan modul 2.2

  • Diskusi pra-observasi dengan menggunakan lembar persiapan observasi yang sudah disediakan
  • Observasi Praktik Pembelajaran
  • Memfasilitasi refleksi dan memberi umpan balik hasil observasi
  • Membimbing perencanaan perbaikan
  • Follow up tugas hasil observasi kelas dari guru lain dan umpan balik dari siswa. 

  1. Latihan Praktik Coaching di sekolah
    memberi umpan balik pelaksanaan coaching dan membuat rencana perbaikan coaching rekan sejawat

5

  1. Diskusi hasil Lokakarya 5 dan modul 3.1 

  • Diskusi hasil pemetaan sumber daya
  • Refleksi proses pembuatan peta sumber daya (cek lembar refleksi)

  1. Refleksi capaian kompetensi di bulan ke-5 dan mengapresiasi capaian Guru Penggerak

6

  1. Refleksi penerapan rencana program yang dibuat di Lokakarya 6
    Diskusi progress program sekolah yang berdampak pada murid
  2. Diskusi tantangan yang dihadapi dan solusi yang dilakukan

7

  1. Refleksi perubahan dalam pembelajaran yang sudah diterapkan selama 6 bulan, diskusikan dampak pada diri guru dan murid yang terjadi
  2. Refleksi penerapan Komunitas Praktisi dan perubahan yang terjadi pada rekan sejawat
  3. Diskusi rencana belajar mandiri

8

  1. Refleksi penerapan aksi nyata hasil Lokakarya 8

  • Diskusi terkait sosialisasi rencana kerja
  • Proses sosialisasi
  • Tanggapan ekosistem sekolah terkait sosialisasi rencana kerja
  • Rencana kerja menjadi bagian dari program sekolah
  • Program yang masuk menjadi bagian dari program sekolah

  1. Refleksi dampak pendampingan selama 9 bulan
  2. Diskusi rencana belajar mandiri dan berkelanjutan di Komunitas Praktisi

Persiapan Pendampingan Individu

  1. Melakukan koordinasi dengan penyelenggara Program Pendidikan Guru Penggerak terkait dengan jadwal pendampingan; 
  2. Bacalah profil Calon Guru Penggerak yang akan anda dampingi sebelum pertemuan; 
  3. Tulislah tujuan pendampingan di setiap pertemuan pada Coaching Log 
  4. Komunikasikanlah tujuan pendampingan kepada Calon Guru Penggerak sebelum memulai kegiatan pendampingan; 
  5. Pelajari fokus pendampingan bulanan dan materi-materi yang berkaitan; 
  6. Dalam pendampingan, pendamping berperan untuk mengapresiasi pencapaian dan upaya implementasi yang sudah dilakukan Calon Guru Penggerak, memotivasi, mendiskusikan bersama solusi untuk tantangan dan kendala yang dihadapi, serta membantu Calon Guru Penggerak menemukan pembelajaran-pembelajaran dalam setiap prosesnya; 
  7. Jika fokus pendampingan berkaitan dengan penugasan pada fase pendidikan daring, sempatkan diri untuk mempelajari hasil yang dikumpulkan oleh setiap Calon Guru Penggerak pada portal belajar (learning management system) PGP atau bagian Jurnal Komunikasi dengan fasilitator; 
  8. Baca kembali catatan-catatan pada coaching log untuk mengetahui pembahasan pada pertemuan sebelumnya.

Tips Memberikan Umpan Balik Saat Coaching

  1. Pendamping yang berperan sebagai pemberi umpan balik diharapkan hadir sepenuhnya sehingga dapat fokus pada CGP yang adalah penerima umpan balik. 
  2. Hindari melakukan/memberikan coaching dan/atau umpan balik disaat yang sulit, misalnya ketika jam sibuk anda sebagai Pendamping. 
  3. Bersabarlah dalam memberikan umpan balik/coaching. Menguatkan kualitas kesabaran dapat memampukan Pendamping untuk bisa merespon pada saat yang tepat dan mampu memberikan ruang kepada CGP untuk bicara. 
  4. Bangunlah rasa ingin tahu sebagai pendamping dan hindari pemberian nasihat atau solusi secara langsung. Fokuskan rasa ingin tahu sebagai pendamping pada ucapan yang disampaikan CGP. 
  5. Dalam memberikan umpan balik, mulailah dengan menyepakati topik pembicaraan dan hasil pembicaraan yang diharapkan. 
  6. Hubungkan fakta-fakta berdasarkan kejadian-kejadian yang dihadapi selama proses pendidikan. 
  7. Bersama-sama dengan CGP, kembangkan ide sebagai alternatif solusi
  8. Bersama dengan CGP, perkuat komitmen untuk proses selanjutnya.

Panduan Pengisian Coaching Log

  1. Tuliskan topik pembahasan pendampingan yang akan dilakukan. 
  2. Tulislah hal-hal yang dibahas/dibicarakan selama proses coaching berlangsung
  3. Nilailah apakah proses coaching yang sudah berlangsung sudah sesuai/lebih cepat/lebih lambat dari topik pendampingan yang telah tersedia. 
  4. Berikan status selesai/belum selesai untuk proses coaching pada saat pendampingan
  5. Tuliskan catatan yang perlu diperhatikan ketika proses pendampingan selanjutnya. 
  6. Tuliskan hal-hal tambahan yang dibutuhkan CGP selama pendampingan. 
  7. Buatlah/tuliskan rencana tindak lanjut untuk proses pendampingan selanjutnya.


PELAKSANAAN PENDAMPINGAN INDIVIDU 4

Waktu    : 1 Minggu sebelum lokakarya 5

BAHAN PENDAMPINGAN INDIVIDU 4

Bahan     : Lembar Observasi Proses Praktek Coaching Model Tirta (untuk Pengamat)


LANGKAH-LANGKAH PENDAMPINGAN


A. Bagian awal pendampingan

  1. Menyiapkan lembar observasi yang akan digunakan. Lembar observasi yang dimaksud merupakan lembar observasi yang sama dengan yang digunakan saat simulasi tatap muka virtual dengan fasilitator 
  2. Menyapa dan menanyakan kabar Calon Guru Penggerak 
  3. Tanyakan apa saja proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir dan hal-hal yang dianggap sebagai capaian selama satu bulan tersebut 
  4. Apresiasi kemajuan-kemajuan yang disampaikan oleh Calon Guru Penggerak
B. Bagian inti pendampingan 
  1. Jelaskan tujuan khusus pendampingan 
  2. Diskusi terkait praktik coaching bersama rekan sejawat: 
    • Sebelum melakukan praktik coaching, Pendamping/ Pengajar Praktik mendiskusikan rencana coaching yang terdapat dalam lembar observasi (di lampiran). 
    • Calon Guru Penggerak bersama rekan sejawat yang sudah diminta untuk latihan coaching mempraktikkan coaching di depan Pendamping/Pengajar Praktik (rekan sejawat menjadi coachee). 
    • Pendamping/Pengajar Praktik memberikan umpan balik terhadap praktik coaching pada lembar observasi yang telah diisi di bagian komentar. 
    • Setelah Calon Guru Penggerak bersama rekan sejawat praktik coaching, Calon Guru Penggerak dan rekan sejawatnya dipandu melakukan refleksi setelah praktik coaching dengan menggunakan pertanyaan kunci: 
      • Menurut Bapak/ Ibu apa saja hal baik dari praktik coaching yang sudah dilakukan? 
      • Apa saja hal yang menurut Bapak/ Ibu perlu ditingkatkan dari praktik coaching-nya? 
      • Bagaimana perasaan Bapak/ Ibu setelah melakukan praktik coaching pada rekan Bapak/ Ibu? 
    • Mintakan juga refleksi rekan sejawatnya: 
    • Menurut Bapak/ Ibu, bagaimana Bapak/ Ibu CGP dalam mempraktikkan coaching kepada Anda? 
    • Apa hal baik yang Anda rasakan dari praktik coaching ini? 
    • Jika ada yang perlu dikembangkan, bagian mana yang menurut Bapak/ Ibu perlu dikembangkan lebih lanjut
  3. Diskusi observasi kelas oleh rekan sejawat dengan pertanyaan kunci: 
    • Bagaimana pengalaman Bapak/ Ibu ketika meminta rekan guru lain mengobservasi praktik pembelajaran yang Bapak/ Ibu lakukan di ruang kelas? 
    • Menurut Bapak/ Ibu, bagaimana praktik pengajaran yang terjadi saat dilakukan observasi? 
    • Apa komentar rekan guru yang mengobservasi setelah melakukan observasi praktik mengajar Bapak/ Ibu? Apa hal-hal yang sudah baik yang sudah Bapak/ Ibu lakukan di kelas dan apa hal-hal yang menurutnya perlu Bapak/ Ibu perbaiki? 
    • Apa hal yang ingin Bapak/ Ibu ketahui atau perbaiki setelah melakukan praktik mengajar tersebut berdasarkan respons dari murid Bapak/Ibu? 
  4. Diskusi mengenai aksi nyata modul 2.1 dan 2.2 (Pendamping/Pengajar Praktik melihat serta bagaimana tugasnya) 
    • Bagaimana tugas aksi nyata modul 2.1 dan 2.2 yang Bapak/ Ibu sudah coba kerjakan? Adakah kendala/ kesulitan yang dihadapi? 
    • Bagaimana perasaan Bapak/ Ibu selama mengerjakan tugas tersebut? 
    • Apa hal yang bisa Bapak/ Ibu ambil pelajarannya dari mengerjakan tugas tersebut? 
    • Apa rencana atau perbaikan ke depannya berdasarkan aksi nyata tersebut?
C. Bagian akhir pendampingan
  1. Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini: 
    • Setelah Bapak/ Ibu menjalani program PGP ini apa hal yang menurut Bapak/ Ibu paling Bapak/Ibu kuasai dari materi-materi yang sudah dipraktikkan? 
    • Materi apa yang Bapak/ Ibu rasakan masih membingungkan dan ingin dipelajari lebih dalam? 
  2. Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring. 
  3. Memotivasi untuk tetap mencoba meminta umpan balik dari rekan guru, murid, dan mempraktikkan coaching baik ke rekan guru lainnya atau ke murid. 
  4. Pendamping/ Pengajar Praktik mengingatkan CGP untuk mengisi Lembar Pengecekan Mandiri Kompetensi untuk Lokakarya 5 
  5. Pendamping/ Pengajar Praktik melakukan pendokumentasian lembar observasi yang telah diisi, kemudian memberikan lembar tersebut kepada CGP untuk dipelajari kembali 
  6. Melakukan penilaian terhadap proses refleksi Calon Guru Penggerak berdasarkan rubrik pada lampiran. 
  7. Mengisi Jurnal Pendampingan dalam LMS, mengisi daftar hadir, dan rencana pendampingan selanjutnya. 
  8. Jika ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator, maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi di LMS.


SALAM GURU PENGGERAK

GURU BERGERAK, INDONESIA MAJU



Tidak ada komentar:

Entri yang Diunggulkan

LAPORAN LOKAKARYA 5 PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGAKATAN 4 KOTA PEMATANGSIANTAR

    LAPORAN KEGIATAN   LOKAKARYA KELIMA   REFLEKSI KOMPETENSI CALON GURU PENGGERAK   THEMA: GURU SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN   ...