LAPORAN HASIL LOKAKARYA 1 KELAS F
PROGRAM PENDIDIAKN GURU PENGGERAK
ANGKATAN 4
KOTA PEMATANGSIANTAR
Lokakarya 1: Guru Penggerak
Masa Depan
Lokakarya 1 telah dilaksanakan
pada hari Sabtu, 20 November 2021 di Convension Hall Siantar Hotel Kota
Pematangsiantar.
I.
PESERTA
1.
Koordinator dan panitian dari P4TK PENJAS BK
2.
Kepala Disan Pendidikan Kota Pematangsiantar
3.
Pengajar Praktik Kelas F yakni : Beslon Samosir,
S.Pd., M.Pd dan Julianto Tampubolon, S.Pd
4.
Calon Guru Penggerak Kelas F dengan 2 Pengajar
Praktik yaitu:
a.
Bebasuki
b.
Qoiriyani Pohan
c.
Riamsah Sihotang
d.
Sri Sofian
e.
Sri Sunarty Ompusunggu
f.
Erlina Siahaan
g.
Rosintan Tambunan
h.
Dorti Lyana Pasaribu
II.
AKTIVITAS PEMBELAJARAN
SEKILAS PROGRAM
TOPIK
PEMBELAJARAN MODUL:
-
Calon Guru Penggerak mengenal Kompetensi Guru
Penggerak
PEMAHAMAN
BERMAKNA:
-
Model kompetensi kepemimpinan sekolah sebagai
landasan pengembangan diri Calon Guru Penggerak
PERTANYAAN
UTAMA:
-
Apa
kompetensi yang perlu dikembangkan oleh Calon Guru Penggerak?
PRODUK
YANG DIHASILKAN:
-
Identifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi
Guru Penggerak
-
Evaluasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru
Penggerak
-
Rencana pengembangan diri Calon Guru Penggerak
TUJUAN
BELAJAR:
-
Calon Guru Penggerak mampu memahami pentingnya
mengembangkan diri
-
Calon Guru Penggerak mampu menjelaskan penerapan
kompetensi Guru Penggerak dalam menjalankan peran sebagai pemimpin pembelajaran
-
Calon Guru Penggerak mampu mengidentifikasi
posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak
-
Calon Guru Penggerak mampu menjelaskan rencana
pengembangan diri
INDIKATOR
KEBERHASILAN:
-
Calon Guru Penggerak dapat melakukan
identifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak
-
Calon Guru Penggerak dapat membuat rencana
pengembangan diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak
AGENDA:
1.
Pembukaan
2.
Pengembangan Diri
3.
Kompetensi Guru Penggerak
4.
Posisi Diri
5.
Rencana Pengembangan Diri
6.
Penutupan
TARGET
PESERTA:
-
1 kelas seharusnya berisi 9 orang Calon Guru
Penggerak namun karena 1 orang tidak dapat hadir, maka 1 kelas 8 orang.
PERAN
TERLIBAT:
-
1 kelas berisi 2 Pengajar Praktik
-
P4TK
KETERANGAN
TAMBAHAN:
-
Bentuk kelas huruf U atau 1 lingkaran besar pada
saat Pleno dan kelas huruf U kecil pada saat penyampaian materi oleh
masing-masing Pengajar Praktik.
PELAKSANAAN:
Upacara
Pembukaan (30 Menit)
Lokakarya 1
dibuka secara resmi oleh Panitia Pusat yakni dari P4TK PENJAS/BK dan panitia lokal
yakni Dinas Pendidika Kota Pematangsiantar, secara umum diikuti seluruh Calon
Guru Penggerak dan Pengajar Praktik se-kota Pematangsiantar.
Upacara
singkat dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, menyanyikan lagu Mars
Guru Penggerak, Kata Sambutan dari Ketua P4TK PENJAS/BK yang diwakili bapak
Abdul Rojak, dan dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar yang
diwakili Kabig GTK bapak Drs. Supriadi. Kemudian diakhiri dengan doa.
Sesi
Pembukaan (50 Menit)
Sesi ini
terlaksana dengan baik dimana sesama Calon Guru penggerak bisa saling kenal
demikian juga dengan Pengajar Praktik, yang tergabung dalam kelas F yang terdiri
dari 2 orang Pengajar Praktik yakni Beslon Samosir, S.Pd., M.Pd, dan Julianto
Tampubolon, S.Pd. Ada 8 Calon Guru Penggerak yakni: Bebsasuki, ST.S.Pd., Qoiriyani
Pohan, S.Pd., Riamsah Sihotang, S.Pd., Sri Sofyan, S.Pd.I, Sri Sunarty
Ompusunggu, S.Pd, Erlina Siahaan S.Pd., Rosintan Tambunan, S.Pd. dan Dorti
Lyana Pasaribu, S.Pd.
Pada sesi
pembukaan ini Calon Guru Penggerak dapat memahami tujuan dan agenda pada
lokakarya 1 ini setelah Pengajar Praktik menjelaskannya secara rinci.
Sesi
Pengembangan Diri (45 Menit)
Sesi ini
terlaksana dengan baik dimana Calon Guru Prnggerak dapat menjelajahi lebih jauh
mengenai sosol ideal Guru Penggerak. Setelah Calon Guru Penggerak menuliskan
beberapa sosok ideal Guru Penggerak, mereka juga mampu menuliskan kemampuan yang
mereka miliki dalam menjalankan peran mereka sebagai Guru Penggerak.
Calon Guru
Penggerak mampu berefleksi setelah Pengajar Praktik mengajukan pertanyaan
berdasarkan; peristiwa, perasaan, pembelajaran, dan penerapan di masa
mendatang.
Sesi
Kompetensi Guru Penggerak (105 Menit)
Pada sesi ini
Calon Guru Penggerak telah mampu menjelaskan penerapan kompetensi Guru
Penggerak dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin pembelajaran.Pada sesi
ini Calon Guru Penggerak dibagi menjadi 4 kelompok diskusi untuk membahas 4
kategori kompetensi Guru Penggerak, yakni:
A.
Mengembangkan Diri dan Orang Lain.
B.
Memimpin Pembelajaran
C.
Memimpin Manajemen Sekolah
D.
Memimpin Pengembangan Sekolah
Dalam diskusi
kelompok tersebut, Calon Guru Penggerak membahas, kompetensi apa saja yang
termasuk dalam kategori yng dimiliki, mengapa kompetensi tersebut penting bagi
Guru Penggerak, contoh perilaku ataupun penerapan kompetensi tersebutu pada
peran mereka sebagai guru.
Hasil
diskusikelompok Calon Guru Penggerak tersbut mereka presentasikan di hadapan
Calon Guru Penggerak lainnya sehingga saling menanggapi dan memberi masukan
untuk setiap kategori.
Sesi
Posisi Diri (40 Menit)
Pada sesi
ini, Calon Guru Penggerak telah mampu mengidentifikasi posisi diri mereka
berdasarkan kompetensi Guru Penggerak dan telah mampu melakukan refleksi
terhadap posisi diirinya masing-masing.
Hal ini bisa
tercapai karena Calon Guru Penggerak sudah mengenali kompetensi apa saja yang harus
dimiliki seorang Guru Penggerak.
Posisi diri
masing-masing Calon Guru Penggerak tersebut terekan pada Lembar Krja Pengecekan
Mandiri Kompetensi Guru Penggerak. yang sudah mereka isi.
Setelah Calon
Guru Penggerak mengetahui posisi dirinya masing-masing, maka dilanjutkan dengan
evaluasi kompetensi diri setiap Calon Guru Penggerak melalui Lember Kerja
Evaluasi Diri Guru Penggerak, dan bertukar hasil refleksi diri dengan
teman-teman dalam satu kelas.
Sesi
Rencana Pengembangan Diri (60 Menit)
Pada sesi ini
Calon Guru Penggerak sudah mampu membuat rencana pengembangan diri berdasarkan
kompetensi Guru Penggerak yang sudah dibahas pada sesi sebelumnya.
Calon Guru
Penggerak membuat rencana pengembangan dirinya pada Lembar Kerja Rencana
Pengembangan Kompetensi Diri Guru Penggerak. Lembar kerja tersebut diisi
berdasarkan posisi diri Calon Guru Penggerak saat ini, sehingga mereka mengetahui
kira-kira kompetensi apa saja yang perlu dikembangkan.
Setelah
setiap Calon Guru Penggerak berhasil Menyusun rencana pengembangan diri masing-masing,
mereka diajak berbagi hasil rencana pengembangan diri. Dengan demikian mereka
saling menguatkan dengan saling bertanya.
Sesi
Penutupan (25 Menit)
Pada sesi
penutupan ini Calon Guru Penggerak telah dapat mengevaluasi hasil pelaksnaan
lokakarya yang sedang berlangsung dengan pengisian lembar evaluasi, melakukan
refleksi hasil belajar dan penugasan dan diakhiri dengan foto Bersama.
III.
PRODUK YANG DIHASILKAN
Produk yang dihasilkan pada Lokakarya 1 ini adalah sebagaimana
tertuang pada lemmbar kerja setiap Calon Guru Penggerak yang terdiri dari:
1. Identifikasi
posisi diri berdasarkan kompetensi GuruPenggerak
2. Evaluasi
posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak
3. Rencana
pengembangan diri Calon Guru Penggerak
(Nomor 2 dan 3 menyatu pada satu Lembar Kerja)
IV.
KETERCAPAIAN TUJUAN BELAJAR
Tujuan Belajar pada lokakarya 1 ini tercapai dengan
baik
V.
KESIMPULAN DAN REFLEKSI PEMBELAJARAN
Secara umum
Lokakarya 1 Kelas F pada PPGP Angkatan 4 Kota Pematangsiantar berjalan dengan
sukses.
Dengan
terlaksananya lokakarya 1 ini, Calon Guru Penggerak dapat mengetahui kompetensi
yang mereka butuhkan dan harus mereka kembangkan. Calon Guru penggerak
mengetahui posisi dirinya masing-masing sebagai titik awal bergerak
pengembangan diri sampai pada akhir Pendidikan tersebut.
Dari
pelaksanaan lokakarya 1 tersebut, Pengejar Praktik memiliki garis-garis besar
pendampingan bagi setiap Calon Guru Penggerak pada kegiatan pendampingan
berikutnya untuk menggiring mereka mencapai semua rancana pengembangan diri
yang suadah mereka tuliskan dalam lembar kerja.
FOTO-FOTO KEGIATAN LOKAKARYA 1
Pematangsiantar,
20 November 2021
Pengajar
Praktik,
Beslon
Samosir, S.Pd., M.Pd
NIP.
197209032005021002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar