Laporan Penyelenggaraan Lokakarya 2:
TEMA: “MENGEMBANGKAN KOMUNITAS
BELAJAR
(KOMUNITAS
PRAKTISI)”
Lokakarya 2 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 dengan
tema: “Mengembangkan Komunitas Belajar (Komunitas Praktisi)” telah dilaksanakan
pada:
Hari/ tanggal :
Sabtu /12 Pebruari 2022
Pola/Durasi :
8 Jam
Tempat :
Siantar Hotel Pematangsiantar
Adapun rincian hasil dari lokakarya tersebut adalah sebagai
berikut:
I.
PESERTA
DAN PERAN TERLIBAT
Kelas
G berada di President Suite Room Siantar Hotel Pematangsiantar, yang terdiri
atas 2 orang Pengajar Praktik dan 9 orang Calon Guru Penggerak, yaitu:
1.
BESLON SAMOSIR (PP), Dengan 5 orang CGP yaitu:
a. BEBASUKI
b. QOIRYANI POHAN
c. SRI SUNARTY OMPUSUNGGU
d. SRI SOFIAN
e. RIAMSAH
SIHOTANG
2.
FITRI RATNASAR (PP), Dengan 4 orang CGP yaitu :
a.
ERNIKA JAYANTI RUMAHORBO
b.
RHOLISZEN SIREGAR
c.
SITI RANI DAMANIK
d.
HILBERPUDAN GULTOM
II.
AKTIVITAS
PEMBELAJARAN
Lokakarya
2 dilakukan dengan beberapa aktivitas yaitu:
a.
PEMBUKAAN
· Pembukaan
dan Icebreaking
· Perkenalan
Pengajar Praktik
· Penjelasan
Tujuan & Pembuatan Kesepakatan Belajar
b.
MENGALAMI
DISKUSI KOMUNITAS PRAKTISI
· Diskusi
Komunitas Praktisi: Berbagi Tantangan 2 Bulan pertama
· Refleksi
Manfaat Komunitas Praktisi
· Sekilas
Materi Filosofi Komunitas Praktisi
c.
MENEROPONG
APLIKASI KOMUNITAS PRAKTISI
· Menganalisa
Penerapan Komunitas Praktisi di sekolah
· Sharing
antar Peserta
d.
MENGENAL
PERAN GURU PENGGERAK DALAM MEMBUAT KOMUNITAS PRAKTISI
· Energizer
· Memahami
Peran Guru Penggerak Dalam Membuat Komunitas
Praktisi
· Menganalisa
Diri Dalam Peran Guru Penggerak Untuk Membuat
Komunitas Praktisi
e.
MENGGERAKKAN
KOMUNITAS PRAKTISI
· Wisata
Belajar
· Pembuatan
Rencana Untuk Sekolah
· Sharing
Rencana
· Finalisasi
Rencana
f.
PENUTUPAN
· Benang
Merah & Pengisian Lembar Evaluasi
· Refleksi
Hasil Belajar & Penugasan Untuk Lokakarya 3
· Penutupan
dan Foto Bersama
III. PRODUK YANG DI HASILKAN
1.
Pemetaan
aplikasi komunitas praktisi di sekolah masing-masing (manfaat, tantangan,
peluang, cara)
2.
Pemetaan
kelebihan dan kelemahan diri dalam menjalankan perannya sebagai guru penggerak
untuk membuat komunitas praktisi
3.
Rencana
menggerakan komunitas praktisi tahap merintis di sekolah masing-masing
4.
Mengisi
Lembar Evaluasi
IV.
KETERCAPAIAN
TUJUAN BELAJAR
1. Calon
Guru Penggerak dapat memetakan manfaat komunitas praktisi di sekolahnya
masing-masing.
2. Calon
Guru Penggerak dapat memetakan tantangan dan peluang membuat komunitas praktisi
di sekolah.
3. Calon
Guru Penggerak dapat memetakan kelebihan dan kelemahan dirinya dalam
menjalankan perannya sebagai guru penggerak untuk membuat komunitas praktisi.
4. Calon
Guru Penggerak dapat merumuskan rencana pembuatan komunitas praktisi tahapan
merintis di sekolah masing-masing
V.
KESIMPULAN
DAN REFLEKSI PEMBELAJARAN
1. Calon
Guru Penggerak dapat mengalami diskusi komunitas praktisi.
2. Calon
Guru Penggerak dapat meneropong aplikasi komunitas praktisi.
3. Calon
Guru Penggerak sudah mengenal peran guru penggerak dalam membuat komunitas
praktisi.
4. Calon
Guru Penggerak sudah dapat merumuskan rencana menggerakkan komunitas praktisi.
FOTO-FOTO DAN VIDEO KEGIATAN LOKAKARYA 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar