Minggu, 17 April 2022

LAPORAN PENYELENGGARAAN LOKAKARYA 3 PPGP ANGKATAN 4 PEMATANGSIANTAR

 

LAPORAN PENYELENGGARAAN LOKAKARYA 3

 TEMA: “VISI DAN AKSI SEKOLAH BERPIHAK PADA MURID”

 

Lokakarya 3 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 dengan tema:Visi Dan Aksi Sekolah Berpihak Pada Murid” telah dilaksanakan pada:

Hari/ tanggal               : Sabtu /12 Maret 2022

Pola/Durasi                  : 7 Jam

Tempat                        : Siantar Hotel Pematangsiantar

 

Adapun rincian hasil dari lokakarya tersebut adalah sebagai berikut:

I.         PESERTA DAN PERAN TERLIBAT

 

Kelas B berada di Convention Hall Lantai 1 Siantar Hotel Pematangsiantar, yang terdiri dari 2 orang Pengajar Praktik dan 9 orang Calon Guru Penggerak, yaitu:

 

1.    BESLON SAMOSIR (PP), Dengan 5 orang CGP yaitu:

a.    BEBASUKI

b.    QOIRYANI POHAN

c.    SRI SUNARTY OMPUSUNGGU

d.    SRI SOFIAN

e.    RIAMSAH SIHOTANG

 

2.    ERLINAWATI DAMANIK (PP), Dengan 4 orang CGP yaitu:

a.    UTAMI SUZARIANI

b.    ERNAYATI HARAHAP

c.    RISMAWATI

d.    NURHAJIJAH GULTOM

 

II.      AKTIVITAS PEMBELAJARAN

Lokakarya 3 dilakukan dengan beberapa aktivitas yaitu:

 

a.    PENGANTAR LOKAKARYA

·      Pengantar Dan Kesepakatan Belajar

Perangkat Lokakarya berupa sound system dan proyektor serta laptop sudah tersedia dan sudah berfungsi dengan baik untuk pemutaran video singkat. Plano untuk mencatat kesepakatan kelas, berbagi impian dan hasil evaluasi sudah tertempel di dinding ruanga.

Kemudian Pendamping/ Pengajar Praktik sudah meyampaikan agenda kegiatan dan mengajak peserta  ke sesi berikutnya yaitu membuat kesepakatan kelas.

 

·      Berbagi Mimpi Menjadi Pendidik

Pengajar Praktik mengajak Calon Guru Penggerak dan Kepala Sekolah untuk menuliskan impian mereka setelah tiba di masa pension nantinya.

Setelah itu semua peserta menuliskan impiannya di ruang kelas kemudian Pengajar Praktik menjelaskan kegiatan selanjutnya

 

b.   AMBIL PELAJARAN DAN GALI MIMPI

·      Paparan BAGJA

Pengajar Praktik menjelaskan tujuan sesi Ambil Pelajaran dan Gali Mimpi kepada peserta. Pada sesi ini ada 2 kata kunci yakni: “Ambil Pelajaran”yaitu peserta memetic pelajaran dari proses belajar mengajar di sekolahnya masing-masing selama ini, kemudian “Gali Mimpi” yaitu; harapan dan cita-cita Bersama terhadap sekolah yang berdampak pada murid.

Pengajar Praktik menyampaikan paparan slide tentang 5 tahapan Inkuiri Paresiatif yang dikenal dengan konsep “BAGJA” serta memutar video BAGJA.

Kemudia Pengajar Praktik menyimpulkan video BAGJA dengan menekankan bahwa BAGJA adalah salah satu cara/tahapan untuk melakukan perubahan berbasis kekuatan, dimana semua orang terlibat dan bergotong-royong untuk melakukan perunbahan yang berdampak pada murid.

Pengajar Praktik membagi kelas menjadi 2 kelas berdasarkan kelompok pendamping dengan anggota setiap kelompok terdiri dari 5 Calon Guru Penggerak dan ada 3 Kepala sekolah karena ada 3 Calon Guru Penggerak dari sekolah yang sama, dan di kelompok PP yang lain ada 5 kepala sekolah dan 5 alon Guru Penggerak.

 

·      Berbagi Hasil Tugas

Pengajar Praktik menjelaskan tujuan dari kegiatan berbagi tugas yang dilakukan Calon Guru Penggerak.

Setelah beberapa perwakilan peserta bercerita singkat, Pengajar Praktik memandu Langkah diskusi berbagi hasil tugas terkait “Ambil Pelajaran”

Setelah kegiatan berbagi pembelajaran selesai, Pengajar Praktik melanjutkan diskusi dengan meminta Calon Guru Penggerak untuk berbagi hasil tugas “Gali Mimpi”.

Pengajar Praktik menyumpulkan keseluruhan sesi tugas mandiri Calon Guru Penggerak dan menjelaskan kegiatan sesi berikutnya.

 

 

c.    VISI, MISI, DAN PROGRAM SEKOLAH YANG BERDAMPAK PADA MURID

·      Pengantar Kerja Kelompok

Pengantar sesi dilaksanakan di kelas besar

Pengajar Praktik menjelaskan tujuan dari kegiatan Visi Misi dan Program Sekola yang berdampak pada murid.

Pengajar Praktik menanyakan pesan kunci dari tayangan video

·      Kerja Kelompok

Pengajar Praktik membagi kelompok kemudian meminta Calon Guru Penggerak dan Kepala Sekolahduduk berpasangan dan pengawas memilih salah satu sekolah mendampingi kerja kelompok.

Pendamping menjelaskan bagian pengantar dari lembar kerja dan memberikan instruksi untuk melaksanakan diskusi kelompok sekolah.

Setelah semua peserta selesai, Penfajar Praktik menjelaskan kegiatan selanjutnya berbagi visi, misi dan program sekolah yang berdampak pada murid.

 

·      Berbagi Hasil

Setelah semua peserta menyelesaikan tugas kelompok sekolahnya, maka dilanjurkan ke sesi berbagi hasil.

Pengajar Praktik melanjutkan kegiatan dengan berbagi visi, misi dan program sekolah yang berdampak pada murid.

Pengajar Praktik membuat kesimpulan dan mengajak peserta melanjutkan ke sesi berikutnya.

 

d.   AKSI JANGKA PENDEK CGP DAN KEPALA SEKOLAH

·       Pengantar Kerj Kelompok

Pengajar Praktik memaparkan sile Pengantar dan lembar kerja 2 Aksi Jangka Pendek CGP dan Kepala Sekolah, menjelaskan tujuan kegiatan pada sesi ini.

 

·       Kerja Kelompok

Pengajar Praktik melanjutkan penjelasan kesepakatan Aksi Jangka Pendek yang aka dilakukan bersama-sama.

Setelah peserta selesai kerja kelompok, Pengajar Praktik mengajak Calon Guru Penggerak dan Kepala Sekolah menyepakati aksi janji jangka pendek (1Bulan) yang akan dilaksanakan sari program sekolah yang telah dibuat.

Setelah semuanya selesai pada sesi ini, dilanjutkan dengan sesi penutupan dan tindak lanjut.

 

e.    PENUTUP DAN TINDAK LANJUT

·       Saling Memberi Umpan Balik

Setelah seluruh peserta dari 2 kelompok Pengajar Praktik telah selesai, maka Pengajar Praktik menjelaskan kegiatan berikutnya.

Pengajar Praktik mempersilahkan perwakilan sekolah untuk membacakan aksi jangka pendeknya.

Kemudian, Pengajar Praktik menuntun untuk saling memberi umpan balik lokakarya ini.

·       Memetik Pembelajaran

Pengajar Praktik mengarahkan peserta untuk menuliskan kata kunci yang mencerminkan pembelajaran yang didapat pada lokakarya hari ini.

 

·       Evaluasi Lokakarya

Pengajar Praktik selanjutnya meminta peserta untuk mengisi plano evaluasi yang mencerminkan perasaaan peserta pada lokakarya 3 ini.

 

·       Kesimpulan Dan Penutupan

Setelah semua peserta selesai, maka Pengajar Praktik menyampaikan kesimpulan dari lokakarya 3 dimana kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa lokakarya 3 ini berjalan dengan baik, namun masih kurang waktu untuk mendapatkan hasil yang masksimal karena banyak waktu tersita pada pembukaan dan mobilisasi peserta ke setiap ruang kelas.

 

III.   PRODUK YANG DI HASILKAN

1.         Dokumen awal dari visi, misi dan program sekolah berdampak pada murid

2.         Dokumen rencana aksi jangka pendek oleh Calon Guru PPenggerak dan Kepala Sekolah

3.         Mengisi Lembar Evaluasi

 

IV.   KETERCAPAIAN TUJUAN BELAJAR

1.    Calon Guru Penggerak dan Kepala Sekolah saling berbagi dan mampu menganalisis hasil belajar dan harapan warga sekolah terhadap pembelajaran yang berdampak pada murid.

2.    Calon Guru Penggerak dan Kepala Sekolah mampu merumuskan dokumen awal visi, misi dan program sekolah yang berdampak pada murid.

3.    Calon Guru Penggerak dan Kepala Sekolah mampu menyepakati rencana aksi, janji jangka pendek untuk dilaksanakan di sekolah.

 

V.      KESIMPULAN DAN REFLEKSI PEMBELAJARAN

1.    Calon Guru Penggerak dan Kepala Sekolah sudah menghasilkan dokumen awal untuk pengembangan visi, misi, dan program sekolah yang berdampak kepada murid

2.    Calon Guru Penggerak dan Kepala Sekolah sudah menyepakati aksi bersama jangka pendek untuk dilaksanakan di sekolah.

3.    Calon Guru Penggerak, Kepala Sekolah dan Pengawas sudah saling memberi umpan balik.

4.    Calon Guru Penggerak, Kepala Sekolah dan Pengawas memberikan penilayan terhadap lokakarya 3.

5.    Butuh Pengaturan waktu Lokakarya yang lebih banyak dan efektif supaya seluruh tujuan tercapai secara maksimal.

 

Lampiran





















Lampiran Laporan Lokakarya 3 ini berada pada File terpisah.

 

Salam Perubahan Salam Guru Penggerak.

Tidak ada komentar:

Entri yang Diunggulkan

LAPORAN LOKAKARYA 5 PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGAKATAN 4 KOTA PEMATANGSIANTAR

    LAPORAN KEGIATAN   LOKAKARYA KELIMA   REFLEKSI KOMPETENSI CALON GURU PENGGERAK   THEMA: GURU SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN   ...