Rabu, 01 September 2010

Langkah-Langkah Pengembangan Pusat Sumber Belajar

Langkah-Langkah Pengembangan Pusat Sumber Belajar

Agar lebih berdayaguna, sebuah pusat sumber belajar harus diikuti dengan langkah-langkah pengembangan. Dengan adanya pengembangan-pengembangan itulah sebuah PSB akan dapat menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang terjadi. Dalam rangka pengembangan PSB, Mayer merekomendasikan empat hal yang harus dipertimbangkan, antara lain:

SOAL UJIAN MID SEMESTER PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR

UJIAN MID SEMESTER 

MATA KULIAH : PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR
PRODI : TEKNOLOGI PENDIDIKAN


  1. Jelaskan apa keterkaitan antara sumber belajar dengan teknologi pembelajaran dalam belajar!
  2. Jelaskan apa peranan teknologi pendidikan dalam pembenahan PSB!
  3. Jelaskan langkah upaya yang dapat dilakukan dalam pembenahan PSB sehingga PSB tersebut menjadi suatu wadah yang bermanfaat untuk meningkatkan taraf hidup manusia, khususnya di daerah sekitarnya!
  4. Jelaskan langkah-langkah dan cara memilih dan mengembangkan media pembelajaran, sehingga menjadi media yang efektif untuk memudahkan siswa belajar!

RIPS SMP ?????

 
RENCANA INDUK PENGEMBANGAN SEKOLAH (RIPS)

 

DATA SEKOLAH



  1. NAMA SEKOLAH                :  SMP …….
  2. ALAMAT SEKOLAH            :  JL. ………… MEDAN
  3. JENJANG                              :  SMP
  4. STATUS                                :  SWASTA
  5. AKREDITASI / TAHUN        :  A  / 2010
  6. KECAMATAN                       :  MEDAN TEMBUNG
  7. KOTAMADYA                       :  MEDAN
  8. PROVINSI                             :  SUMATERA UTARA

TEKNIK ANALISIS DATA EKSTAN

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Analisis kebutuhan pelatihan adalah langkah wajib sebelum suatu desain pelatihan dilaksanakan. Analisis kebutuhan sangat penting karena tanpa analisis kebutuhan yang sungguh-sungguh, maka program pelatihan yang dilaksanakan hanya akan sukses ketika kegiatan pelatihan sedang berlangsung. Dalam artian, peserta pelatihan sangat baik ketika melakukan pelatihan, tetapi setelah kembali ke tempat kerjanya mereka menjadi tidak tahu bagaimana menerapkan pelatihan yang telah diikutinya. Walaupun bisa saja kegagalan dari hasil pelatihan dapat dipengaruhi berbagai faktor, tapi salah satu faktornya bisa saja tidak adanya penyesuaian antara kebutuhan yang diperlukan atau tidak sesuai dengan masalah yang dihadapi.

Minggu, 08 Agustus 2010

STRUKTUR ORGANISASI PUSAT SUMBER BELAJAR

STRUKTUR ORGANISASI PUSAT SUMBER BELAJAR



 
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pada dasarnya sumber belajar dapat berupa manusia dan bukan manusia. Pusat Sumber Belajar (PSB) merupakan pemusatan secara terpadu berbagai sumber belajar yang meliputi orang, bahan, peralatan, fasilitas lingkungan, tujuan dan proses. Secara umum PSB berisi komponen-komponen perpustakaan, pelayanan audio-visual, peralatan dan produksi, tempat berlatih mengembangkan kegiatan program instruksional dan tempat mengembangkan alat-alt bantu dalam pengembangan sistem instruksional. PSB juga merupakan tempat bagi tenaga kependidikan untuk mengembangkan bahan-bahan pengajaran dengan bantuan multimedia pendidikan terpadu yang terdiri atass unsur-unsur perpustakaan, workshop, audio-visual dan laboratorium (Zainuddin : 1984).

Minggu, 01 Agustus 2010

Minggu, 25 Juli 2010

KISI-KISI SOAL UAS KELAS REGULER TI DAN EXECUTIVE TI

  1. Tuliskan dua jenis Input Out Put Paralel terprogram yang biasa digunakan pada sistem mikroprosesor!
  2. Uraikan empat jenis mode kerja dari Z-80 PIO!
  3. Jika digunakan untuk mengendalikan lampu/display mode berapa dari Z-80 PIO yang tepat digunakan!
  4. Nyatakan control word dari PPI 8255 dalam:
  5. MODE 0 semua port sebagai output!
  6. MODE 0 Port A input, Port B input, Port C output!
  7. Gambarkan diagram PPI 8255
  8. Jelaskan fungsi masing-masing blok pada PPI 8255
  9. Gambarkan diagram Z-80 PIO
  10. Jelaskan fungsi masing-masing bagian pad diaram Z-80 PIO

Entri yang Diunggulkan

LAPORAN LOKAKARYA 5 PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGAKATAN 4 KOTA PEMATANGSIANTAR

    LAPORAN KEGIATAN   LOKAKARYA KELIMA   REFLEKSI KOMPETENSI CALON GURU PENGGERAK   THEMA: GURU SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN   ...