Minggu, 17 April 2022

LAPORAN HASIL LOKAKARYA 2 PPGP ANGKATAN 4 KOTA PEMATANGSIANTAR

 

Laporan Penyelenggaraan Lokakarya 2:

 

TEMA: “MENGEMBANGKAN KOMUNITAS BELAJAR

(KOMUNITAS PRAKTISI)”

 

Lokakarya 2 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 dengan tema: “Mengembangkan Komunitas Belajar (Komunitas Praktisi)” telah dilaksanakan pada:

Hari/ tanggal               : Sabtu /12 Pebruari 2022

Pola/Durasi                  : 8 Jam

Tempat                        : Siantar Hotel Pematangsiantar

 

Adapun rincian hasil dari lokakarya tersebut adalah sebagai berikut:

I.         PESERTA DAN PERAN TERLIBAT

 

Kelas G berada di President Suite Room Siantar Hotel Pematangsiantar, yang terdiri atas 2 orang Pengajar Praktik dan 9 orang Calon Guru Penggerak, yaitu:

 

1.    BESLON SAMOSIR (PP), Dengan 5 orang CGP yaitu:

a.    BEBASUKI

b.    QOIRYANI POHAN

c.    SRI SUNARTY OMPUSUNGGU

d.    SRI SOFIAN

e.    RIAMSAH SIHOTANG

 

2.    FITRI RATNASAR (PP), Dengan 4 orang CGP  yaitu :

a.    ERNIKA JAYANTI RUMAHORBO

b.    RHOLISZEN SIREGAR

c.    SITI RANI DAMANIK

d.    HILBERPUDAN GULTOM

 

II.      AKTIVITAS PEMBELAJARAN

Lokakarya 2 dilakukan dengan beberapa aktivitas yaitu:

a.    PEMBUKAAN

·      Pembukaan dan Icebreaking

·      Perkenalan Pengajar Praktik

·      Penjelasan Tujuan & Pembuatan Kesepakatan Belajar

 

b.   MENGALAMI DISKUSI KOMUNITAS PRAKTISI

·      Diskusi Komunitas Praktisi: Berbagi Tantangan 2 Bulan pertama

·      Refleksi Manfaat Komunitas Praktisi

·      Sekilas Materi Filosofi Komunitas Praktisi

 

c.    MENEROPONG APLIKASI KOMUNITAS PRAKTISI

·      Menganalisa Penerapan Komunitas Praktisi di sekolah

·      Sharing antar Peserta

 

d.   MENGENAL PERAN GURU PENGGERAK DALAM MEMBUAT KOMUNITAS PRAKTISI

·      Energizer

·      Memahami Peran Guru Penggerak Dalam Membuat  Komunitas Praktisi

·      Menganalisa Diri Dalam Peran Guru Penggerak Untuk Membuat  Komunitas Praktisi

 

e.    MENGGERAKKAN KOMUNITAS PRAKTISI

·      Wisata Belajar

·      Pembuatan Rencana Untuk Sekolah

·      Sharing Rencana

·      Finalisasi Rencana

 

f.     PENUTUPAN

·      Benang Merah & Pengisian Lembar Evaluasi

·      Refleksi Hasil Belajar & Penugasan Untuk Lokakarya 3

·      Penutupan dan Foto Bersama

 

III.   PRODUK YANG DI HASILKAN

1.         Pemetaan aplikasi komunitas praktisi di sekolah masing-masing (manfaat, tantangan, peluang, cara)

2.         Pemetaan kelebihan dan kelemahan diri dalam menjalankan perannya sebagai guru penggerak untuk membuat komunitas praktisi

3.         Rencana menggerakan komunitas praktisi tahap merintis di sekolah masing-masing

4.         Mengisi Lembar Evaluasi

 

IV.   KETERCAPAIAN TUJUAN BELAJAR

1.    Calon Guru Penggerak dapat memetakan manfaat komunitas praktisi di sekolahnya masing-masing.

2.    Calon Guru Penggerak dapat memetakan tantangan dan peluang membuat komunitas praktisi di sekolah.

3.    Calon Guru Penggerak dapat memetakan kelebihan dan kelemahan dirinya dalam menjalankan perannya sebagai guru penggerak untuk membuat komunitas praktisi.

4.    Calon Guru Penggerak dapat merumuskan rencana pembuatan komunitas praktisi tahapan merintis di sekolah masing-masing

 

V.      KESIMPULAN DAN REFLEKSI PEMBELAJARAN

1.    Calon Guru Penggerak dapat mengalami diskusi komunitas praktisi.

2.    Calon Guru Penggerak dapat meneropong aplikasi komunitas praktisi.

3.    Calon Guru Penggerak sudah mengenal peran guru penggerak dalam membuat komunitas praktisi.

4.    Calon Guru Penggerak sudah dapat merumuskan rencana menggerakkan komunitas praktisi.



FOTO-FOTO DAN VIDEO KEGIATAN LOKAKARYA 2
























































































LAPORAN HASIL LOKAKARYA 1 PPGP ANGKATAN 4 KOTA PEMATANGSIANTAR

 

LAPORAN HASIL LOKAKARYA 1 KELAS F

PROGRAM PENDIDIAKN GURU PENGGERAK ANGKATAN 4

KOTA PEMATANGSIANTAR

 

Lokakarya 1: Guru Penggerak Masa Depan

Lokakarya 1 telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 November 2021 di Convension Hall Siantar Hotel Kota Pematangsiantar.

I.               PESERTA

1.      Koordinator dan panitian dari P4TK PENJAS BK

2.      Kepala Disan Pendidikan Kota Pematangsiantar

3.      Pengajar Praktik Kelas F yakni : Beslon Samosir, S.Pd., M.Pd dan Julianto Tampubolon, S.Pd

4.      Calon Guru Penggerak Kelas F dengan 2 Pengajar Praktik yaitu:

a.       Bebasuki

b.      Qoiriyani Pohan

c.       Riamsah Sihotang

d.      Sri Sofian

e.       Sri Sunarty Ompusunggu

f.        Erlina Siahaan

g.      Rosintan Tambunan

h.      Dorti Lyana Pasaribu

 

II.           AKTIVITAS PEMBELAJARAN

 

            SEKILAS PROGRAM

            TOPIK PEMBELAJARAN MODUL:

-          Calon Guru Penggerak mengenal Kompetensi Guru Penggerak

            PEMAHAMAN BERMAKNA:

-          Model kompetensi kepemimpinan sekolah sebagai landasan pengembangan diri Calon Guru Penggerak

            PERTANYAAN UTAMA:

-           Apa kompetensi yang perlu dikembangkan oleh Calon Guru Penggerak?

            PRODUK YANG DIHASILKAN:

-          Identifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak

-          Evaluasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak

-          Rencana pengembangan diri Calon Guru Penggerak

            TUJUAN BELAJAR:

-          Calon Guru Penggerak mampu memahami pentingnya mengembangkan diri

-          Calon Guru Penggerak mampu menjelaskan penerapan kompetensi Guru Penggerak dalam menjalankan peran sebagai pemimpin pembelajaran

-          Calon Guru Penggerak mampu mengidentifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak

-          Calon Guru Penggerak mampu menjelaskan rencana pengembangan diri

            INDIKATOR KEBERHASILAN:

-          Calon Guru Penggerak dapat melakukan identifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak

-          Calon Guru Penggerak dapat membuat rencana pengembangan diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak

 

 

            AGENDA:

1.      Pembukaan

2.      Pengembangan Diri

3.      Kompetensi Guru Penggerak

4.      Posisi Diri

5.      Rencana Pengembangan Diri

6.      Penutupan

            TARGET PESERTA:

-          1 kelas seharusnya berisi 9 orang Calon Guru Penggerak namun karena 1 orang tidak dapat hadir, maka 1 kelas 8 orang.

            PERAN TERLIBAT:

-          1 kelas berisi 2 Pengajar Praktik

-          P4TK

            KETERANGAN TAMBAHAN:

-          Bentuk kelas huruf U atau 1 lingkaran besar pada saat Pleno dan kelas huruf U kecil pada saat penyampaian materi oleh masing-masing Pengajar Praktik.

 

            PELAKSANAAN:

Upacara Pembukaan (30 Menit)

Lokakarya 1 dibuka secara resmi oleh Panitia Pusat yakni dari P4TK PENJAS/BK dan panitia lokal yakni Dinas Pendidika Kota Pematangsiantar, secara umum diikuti seluruh Calon Guru Penggerak dan Pengajar Praktik se-kota Pematangsiantar.

Upacara singkat dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, menyanyikan lagu Mars Guru Penggerak, Kata Sambutan dari Ketua P4TK PENJAS/BK yang diwakili bapak Abdul Rojak, dan dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar yang diwakili Kabig GTK bapak Drs. Supriadi. Kemudian diakhiri dengan doa.

 

Sesi Pembukaan (50 Menit)

Sesi ini terlaksana dengan baik dimana sesama Calon Guru penggerak bisa saling kenal demikian juga dengan Pengajar Praktik, yang tergabung dalam kelas F yang terdiri dari 2 orang Pengajar Praktik yakni Beslon Samosir, S.Pd., M.Pd, dan Julianto Tampubolon, S.Pd. Ada 8 Calon Guru Penggerak yakni: Bebsasuki, ST.S.Pd., Qoiriyani Pohan, S.Pd., Riamsah Sihotang, S.Pd., Sri Sofyan, S.Pd.I, Sri Sunarty Ompusunggu, S.Pd, Erlina Siahaan S.Pd., Rosintan Tambunan, S.Pd. dan Dorti Lyana Pasaribu, S.Pd.

Pada sesi pembukaan ini Calon Guru Penggerak dapat memahami tujuan dan agenda pada lokakarya 1 ini setelah Pengajar Praktik menjelaskannya secara rinci.

 

Sesi Pengembangan Diri (45 Menit)

Sesi ini terlaksana dengan baik dimana Calon Guru Prnggerak dapat menjelajahi lebih jauh mengenai sosol ideal Guru Penggerak. Setelah Calon Guru Penggerak menuliskan beberapa sosok ideal Guru Penggerak, mereka juga mampu menuliskan kemampuan yang mereka miliki dalam menjalankan peran mereka sebagai Guru Penggerak.

Calon Guru Penggerak mampu berefleksi setelah Pengajar Praktik mengajukan pertanyaan berdasarkan; peristiwa, perasaan, pembelajaran, dan penerapan di masa mendatang.

 

 

Sesi Kompetensi Guru Penggerak (105 Menit)

Pada sesi ini Calon Guru Penggerak telah mampu menjelaskan penerapan kompetensi Guru Penggerak dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin pembelajaran.Pada sesi ini Calon Guru Penggerak dibagi menjadi 4 kelompok diskusi untuk membahas 4 kategori kompetensi Guru Penggerak, yakni:

A.    Mengembangkan Diri dan Orang Lain.

B.     Memimpin Pembelajaran

C.     Memimpin Manajemen Sekolah

D.    Memimpin Pengembangan Sekolah

Dalam diskusi kelompok tersebut, Calon Guru Penggerak membahas, kompetensi apa saja yang termasuk dalam kategori yng dimiliki, mengapa kompetensi tersebut penting bagi Guru Penggerak, contoh perilaku ataupun penerapan kompetensi tersebutu pada peran mereka sebagai guru.

Hasil diskusikelompok Calon Guru Penggerak tersbut mereka presentasikan di hadapan Calon Guru Penggerak lainnya sehingga saling menanggapi dan memberi masukan untuk setiap kategori.

 

Sesi Posisi Diri (40 Menit)

Pada sesi ini, Calon Guru Penggerak telah mampu mengidentifikasi posisi diri mereka berdasarkan kompetensi Guru Penggerak dan telah mampu melakukan refleksi terhadap posisi diirinya masing-masing.

Hal ini bisa tercapai karena Calon Guru Penggerak sudah mengenali kompetensi apa saja yang harus dimiliki seorang Guru Penggerak.

Posisi diri masing-masing Calon Guru Penggerak tersebut terekan pada Lembar Krja Pengecekan Mandiri Kompetensi Guru Penggerak. yang sudah mereka isi.

Setelah Calon Guru Penggerak mengetahui posisi dirinya masing-masing, maka dilanjutkan dengan evaluasi kompetensi diri setiap Calon Guru Penggerak melalui Lember Kerja Evaluasi Diri Guru Penggerak, dan bertukar hasil refleksi diri dengan teman-teman dalam satu kelas.

 

Sesi Rencana Pengembangan Diri (60 Menit)

Pada sesi ini Calon Guru Penggerak sudah mampu membuat rencana pengembangan diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak yang sudah dibahas pada sesi sebelumnya.

Calon Guru Penggerak membuat rencana pengembangan dirinya pada Lembar Kerja Rencana Pengembangan Kompetensi Diri Guru Penggerak. Lembar kerja tersebut diisi berdasarkan posisi diri Calon Guru Penggerak saat ini, sehingga mereka mengetahui kira-kira kompetensi apa saja yang perlu dikembangkan.

Setelah setiap Calon Guru Penggerak berhasil Menyusun rencana pengembangan diri masing-masing, mereka diajak berbagi hasil rencana pengembangan diri. Dengan demikian mereka saling menguatkan dengan saling bertanya.

 

Sesi Penutupan (25 Menit)

Pada sesi penutupan ini Calon Guru Penggerak telah dapat mengevaluasi hasil pelaksnaan lokakarya yang sedang berlangsung dengan pengisian lembar evaluasi, melakukan refleksi hasil belajar dan penugasan dan diakhiri dengan foto Bersama.

 

III.             PRODUK YANG DIHASILKAN

Produk yang dihasilkan pada Lokakarya 1 ini adalah sebagaimana tertuang pada lemmbar kerja setiap Calon Guru Penggerak yang terdiri dari:

 

1.      Identifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi GuruPenggerak

2.      Evaluasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak

3.      Rencana pengembangan diri Calon Guru Penggerak

 

(Nomor 2 dan 3 menyatu pada satu Lembar Kerja)

 

IV.             KETERCAPAIAN TUJUAN BELAJAR

Tujuan Belajar pada lokakarya 1 ini tercapai dengan baik

 

 

V.                KESIMPULAN DAN REFLEKSI PEMBELAJARAN

Secara umum Lokakarya 1 Kelas F pada PPGP Angkatan 4 Kota Pematangsiantar berjalan dengan sukses.

Dengan terlaksananya lokakarya 1 ini, Calon Guru Penggerak dapat mengetahui kompetensi yang mereka butuhkan dan harus mereka kembangkan. Calon Guru penggerak mengetahui posisi dirinya masing-masing sebagai titik awal bergerak pengembangan diri sampai pada akhir Pendidikan tersebut.

Dari pelaksanaan lokakarya 1 tersebut, Pengejar Praktik memiliki garis-garis besar pendampingan bagi setiap Calon Guru Penggerak pada kegiatan pendampingan berikutnya untuk menggiring mereka mencapai semua rancana pengembangan diri yang suadah mereka tuliskan dalam lembar kerja.

 FOTO-FOTO KEGIATAN LOKAKARYA 1












 

 

Pematangsiantar, 20 November 2021

Pengajar Praktik,

 

  

Beslon Samosir, S.Pd., M.Pd

NIP. 197209032005021002

LAPORAN LOKAKARYA PERDANA PPGP ANGKATAN 4 PEMATANGSIANTAR

 

Lokakarya Perdana dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2021 di Siantar Hotel Kota Pematangsiantar yang diikuti oleh:

I.       Peserta

1.    Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar.

2.    Koordinator P4TK PENJAS BK

3.    Kepala Sekolah dari seluruh Calon Guru Penggerak

4.    Seluruh Pengajar Praktik, untuk grup I terdiri dari: Rahmat Nasution, S.Pd.

 Beslon Samosir, S.Pd., M.Pd. Darwin Antoni Manurung, S.Pd., M.Pd.

5.    Calon Guru Penggerak Grup F dengan dua pengajar praktik yaitu:

a.    Mery Christina Sinaga

b.    Suwanda catur R

c.    Sudung Ambrosius Sihombing

d.    Torang Saruksuk

e.    Bebasuki

f.     Qoiryani Pohan

g.    Sri Sunarty Ompusunggu

h.    Sri Sofian

i.      Riamsah Sihotang

j.      Patarchan Halasson Nababan

k.    Maria Goretti Purba

l.      Wasriati Sari Dewi

m.  Yul Afnizar

n.    Jublihart Sirait.

II.     Aktivitas Pembelajaran:

1.    Pembukaan Lokakarya = 30 menit dilaksanakan secara pleno

2.    Agenda dan Tujuan Lokakarya = 15 menit dilaksanakan secara pleno

3.    Games dan Perkenalan Diri = 30 menit dilaksanakan secara pleno

4.    Kesepakatan kelas = 15 menit dilaksanakan secara pleno

5.    Harapan dan Kekhawatiran = 45 menit dilaksanakan melalui aktivitas kelompok bersama Pengajar Praktik

6.    Perjalanan Calon Guru Penggerak = 60 menit dilaksanakan melalui aktivitas kelompok bersama Pengajar Praktik

7.    Komitmen Bersama = 20 Menit dilaksanakan melalui aktivitas kelompok bersama Pengajar Praktik

8.    Refleksi Peserta = 25 menit dilaksanakan melalui aktivitas kelompok bersama Pengajar Praktik.

III.    Produk Yang Dihasilkan

Pada kegiatan Lokakarya perdana ini produk yang dihasilkan adalah Pemahaman stake Holder pendidikan, kepala sekolah dan Calon Guru Penggerak tentang Proses Pendidikan Guru Penggerak dan dukungan yang di butuhkan oleh Calon Guru Penggerak untuk mewujudkan Transformasi pendidikan Khususnya di Kota Pematangsiantar, Peta harapan dan kekhawatiran peserta lokakarya terkait pendidikan guru penggerak dan komitmen calon guru penggerak dan kepala sekolah dalam proses transformasi pendidikan.

IV.   Ketercapaian Tujuan Belajar

1.    Calon Guru penggerak mampu mengidentifikasikan dan menceritakan harapan, dan kekhawatiran selama program Pendidikan guru penggerak berlangsung

2.    Calon guru Penggerak dapat mengidentifikasi tanytangan yang akan dihadapi dan dukungan yang bisa didapatkan.

V.     Kesimpulan dan Refleksi Pembelajaran

1.    Dengan Pendidikan Guru Penggerak, guru memahami arti merdeka belajar, dan memahami filosofi pendidikan yang di gaungkan oleh Ki hajar Dewantara dengan semboyannya Ing Ngarsa Sun tulodi, Ing Madya Mangun karsa, Tut Wuri Handayani, dengan merancang pembelajaran yang berpihak kepada murid untuk mewujudkan profil pelajar pancasila.

2.    Dengan Lokakarya perdana ini Calon guru penggerak dapat merefleksikan dirinya untuk terus bergerak dinamis, memberikan daya dan upaya serta kemampuannya mengikuti program pendidikan guru penggerak dengan tujuan lulus dari Calon Guru penggerak menjadi guru penggerak setelah menjalani  program selama 9 bulan ke depan, dan bagi kepala satuan pendidikan dapat memberikan araha, dorongan, dan dukungan serta motivasi agar CGP dari sekolahnya dapat lulus menjadi guru penggerak yang diharapkan menjadi pemimpin pembelajaran dan perubahan di masa depan.

 

 

 

 

DOKUMENTASI FOTO KEGIATAN LOKAKARYA PERDANA (0)

 




 















Entri yang Diunggulkan

LAPORAN LOKAKARYA 5 PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGAKATAN 4 KOTA PEMATANGSIANTAR

    LAPORAN KEGIATAN   LOKAKARYA KELIMA   REFLEKSI KOMPETENSI CALON GURU PENGGERAK   THEMA: GURU SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN   ...