LAPORAN PENYELENGGARAAN LOKAKARYA 3
Lokakarya 3 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 dengan
tema: “Visi Dan Aksi Sekolah Berpihak Pada Murid” telah dilaksanakan pada:
Hari/ tanggal :
Sabtu /12 Maret 2022
Pola/Durasi :
7 Jam
Tempat :
Siantar Hotel Pematangsiantar
Adapun rincian hasil dari lokakarya tersebut adalah sebagai
berikut:
I.
PESERTA
DAN PERAN TERLIBAT
Kelas
B berada di Convention Hall Lantai 1 Siantar Hotel Pematangsiantar, yang
terdiri dari 2 orang Pengajar Praktik dan 9 orang Calon Guru Penggerak, yaitu:
1.
BESLON SAMOSIR (PP), Dengan 5 orang CGP yaitu:
a. BEBASUKI
b. QOIRYANI POHAN
c. SRI SUNARTY OMPUSUNGGU
d. SRI SOFIAN
e. RIAMSAH
SIHOTANG
2.
ERLINAWATI DAMANIK (PP), Dengan 4 orang CGP yaitu:
a.
UTAMI SUZARIANI
b.
ERNAYATI HARAHAP
c.
RISMAWATI
d.
NURHAJIJAH GULTOM
II.
AKTIVITAS
PEMBELAJARAN
Lokakarya
3 dilakukan dengan beberapa aktivitas yaitu:
a.
PENGANTAR
LOKAKARYA
· Pengantar
Dan Kesepakatan Belajar
Perangkat
Lokakarya berupa sound system dan proyektor serta laptop sudah tersedia dan
sudah berfungsi dengan baik untuk pemutaran video singkat. Plano untuk mencatat
kesepakatan kelas, berbagi impian dan hasil evaluasi sudah tertempel di dinding
ruanga.
Kemudian
Pendamping/ Pengajar Praktik sudah meyampaikan agenda kegiatan dan mengajak
peserta ke sesi berikutnya yaitu membuat
kesepakatan kelas.
· Berbagi
Mimpi Menjadi Pendidik
Pengajar
Praktik mengajak Calon Guru Penggerak dan Kepala Sekolah untuk menuliskan
impian mereka setelah tiba di masa pension nantinya.
Setelah
itu semua peserta menuliskan impiannya di ruang kelas kemudian Pengajar Praktik
menjelaskan kegiatan selanjutnya
b.
AMBIL
PELAJARAN DAN GALI MIMPI
· Paparan
BAGJA
Pengajar Praktik menjelaskan tujuan sesi
Ambil Pelajaran dan Gali Mimpi kepada peserta. Pada sesi ini ada 2 kata kunci
yakni: “Ambil Pelajaran”yaitu peserta memetic pelajaran dari proses belajar
mengajar di sekolahnya masing-masing selama ini, kemudian “Gali Mimpi” yaitu;
harapan dan cita-cita Bersama terhadap sekolah yang berdampak pada murid.
Pengajar Praktik menyampaikan paparan
slide tentang 5 tahapan Inkuiri Paresiatif yang dikenal dengan konsep “BAGJA”
serta memutar video BAGJA.
Kemudia Pengajar Praktik menyimpulkan video
BAGJA dengan menekankan bahwa BAGJA adalah salah satu cara/tahapan untuk
melakukan perubahan berbasis kekuatan, dimana semua orang terlibat dan
bergotong-royong untuk melakukan perunbahan yang berdampak pada murid.
Pengajar Praktik membagi kelas menjadi 2
kelas berdasarkan kelompok pendamping dengan anggota setiap kelompok terdiri
dari 5 Calon Guru Penggerak dan ada 3 Kepala sekolah karena ada 3 Calon Guru
Penggerak dari sekolah yang sama, dan di kelompok PP yang lain ada 5 kepala
sekolah dan 5 alon Guru Penggerak.
· Berbagi
Hasil Tugas
Pengajar Praktik menjelaskan tujuan dari kegiatan
berbagi tugas yang dilakukan Calon Guru Penggerak.
Setelah beberapa perwakilan peserta
bercerita singkat, Pengajar Praktik memandu Langkah diskusi berbagi hasil tugas
terkait “Ambil Pelajaran”
Setelah kegiatan berbagi pembelajaran
selesai, Pengajar Praktik melanjutkan diskusi dengan meminta Calon Guru
Penggerak untuk berbagi hasil tugas “Gali Mimpi”.
Pengajar Praktik menyumpulkan keseluruhan
sesi tugas mandiri Calon Guru Penggerak dan menjelaskan kegiatan sesi
berikutnya.
c.
VISI,
MISI, DAN PROGRAM SEKOLAH YANG BERDAMPAK PADA MURID
·
Pengantar Kerja
Kelompok
Pengantar sesi
dilaksanakan di kelas besar
Pengajar Praktik
menjelaskan tujuan dari kegiatan Visi Misi dan Program Sekola yang berdampak
pada murid.
Pengajar Praktik
menanyakan pesan kunci dari tayangan video
·
Kerja Kelompok
Pengajar Praktik
membagi kelompok kemudian meminta Calon Guru Penggerak dan Kepala Sekolahduduk
berpasangan dan pengawas memilih salah satu sekolah mendampingi kerja kelompok.
Pendamping
menjelaskan bagian pengantar dari lembar kerja dan memberikan instruksi untuk
melaksanakan diskusi kelompok sekolah.
Setelah semua
peserta selesai, Penfajar Praktik menjelaskan kegiatan selanjutnya berbagi
visi, misi dan program sekolah yang berdampak pada murid.
·
Berbagi Hasil
Setelah semua
peserta menyelesaikan tugas kelompok sekolahnya, maka dilanjurkan ke sesi
berbagi hasil.
Pengajar Praktik
melanjutkan kegiatan dengan berbagi visi, misi dan program sekolah yang
berdampak pada murid.
Pengajar Praktik
membuat kesimpulan dan mengajak peserta melanjutkan ke sesi berikutnya.
d.
AKSI
JANGKA PENDEK CGP DAN KEPALA SEKOLAH
· Pengantar
Kerj Kelompok
Pengajar Praktik
memaparkan sile Pengantar dan lembar kerja 2 Aksi Jangka Pendek CGP dan Kepala
Sekolah, menjelaskan tujuan kegiatan pada sesi ini.
· Kerja
Kelompok
Pengajar Praktik
melanjutkan penjelasan kesepakatan Aksi Jangka Pendek yang aka dilakukan
bersama-sama.
Setelah peserta
selesai kerja kelompok, Pengajar Praktik mengajak Calon Guru Penggerak dan
Kepala Sekolah menyepakati aksi janji jangka pendek (1Bulan) yang akan
dilaksanakan sari program sekolah yang telah dibuat.
Setelah semuanya
selesai pada sesi ini, dilanjutkan dengan sesi penutupan dan tindak lanjut.
e.
PENUTUP
DAN TINDAK LANJUT
· Saling
Memberi Umpan Balik
Setelah seluruh
peserta dari 2 kelompok Pengajar Praktik telah selesai, maka Pengajar Praktik
menjelaskan kegiatan berikutnya.
Pengajar Praktik
mempersilahkan perwakilan sekolah untuk membacakan aksi jangka pendeknya.
Kemudian,
Pengajar Praktik menuntun untuk saling memberi umpan balik lokakarya ini.
· Memetik
Pembelajaran
Pengajar Praktik
mengarahkan peserta untuk menuliskan kata kunci yang mencerminkan pembelajaran
yang didapat pada lokakarya hari ini.
· Evaluasi
Lokakarya
Pengajar Praktik selanjutnya meminta
peserta untuk mengisi plano evaluasi yang mencerminkan perasaaan peserta pada
lokakarya 3 ini.
· Kesimpulan
Dan Penutupan
Setelah semua peserta selesai, maka Pengajar Praktik
menyampaikan kesimpulan dari lokakarya 3 dimana kesimpulan yang diperoleh
adalah bahwa lokakarya 3 ini berjalan dengan baik, namun masih kurang waktu
untuk mendapatkan hasil yang masksimal karena banyak waktu tersita pada
pembukaan dan mobilisasi peserta ke setiap ruang kelas.
III. PRODUK YANG DI HASILKAN
1.
Dokumen
awal dari visi, misi dan program sekolah berdampak pada murid
2.
Dokumen
rencana aksi jangka pendek oleh Calon Guru PPenggerak dan Kepala Sekolah
3.
Mengisi
Lembar Evaluasi
IV.
KETERCAPAIAN
TUJUAN BELAJAR
1. Calon
Guru Penggerak dan Kepala Sekolah saling berbagi dan mampu menganalisis hasil
belajar dan harapan warga sekolah terhadap pembelajaran yang berdampak pada
murid.
2. Calon
Guru Penggerak dan Kepala Sekolah mampu merumuskan dokumen
awal visi, misi dan program sekolah yang berdampak pada murid.
3. Calon
Guru Penggerak dan Kepala Sekolah mampu menyepakati rencana aksi, janji jangka
pendek untuk dilaksanakan di sekolah.
V.
KESIMPULAN
DAN REFLEKSI PEMBELAJARAN
1. Calon
Guru Penggerak dan Kepala Sekolah sudah menghasilkan dokumen awal untuk
pengembangan visi, misi, dan program sekolah yang berdampak kepada murid
2. Calon
Guru Penggerak dan Kepala Sekolah sudah menyepakati aksi bersama jangka pendek
untuk dilaksanakan di sekolah.
3. Calon
Guru Penggerak, Kepala Sekolah dan Pengawas sudah saling memberi umpan balik.
4. Calon
Guru Penggerak, Kepala Sekolah dan Pengawas memberikan penilayan terhadap
lokakarya 3.
5. Butuh
Pengaturan waktu Lokakarya yang lebih banyak dan efektif supaya seluruh tujuan
tercapai secara maksimal.
Lampiran
Lampiran
Laporan Lokakarya 3 ini berada pada File terpisah.
Salam
Perubahan Salam Guru Penggerak.